Find Us On Social Media :

Penjelasan Faktor-faktor yang Mengakibatkan Runtuhnya Kerajaan Aceh

By Ade S, Sabtu, 19 Agustus 2023 | 10:03 WIB

Lokasi Kerajaan Aceh. Artikel ini membahas faktor-faktor yang mengakibatkan runtuhnya Kerajaan Aceh, salah satu kerajaan Islam di Sumatera.

Intisari-Online.com - Kesultanan Aceh adalah salah satu kerajaan Islam yang pernah berjaya di ujung barat Pulau Sumatera.

Kerajaan ini mencapai puncak keemasannya pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1636). Namun, apa yang menyebabkan kerajaan ini runtuh?

Artikel ini akan menjelaskan faktor-faktor yang mengakibatkan runtuhnya Kerajaan Aceh.

Artikel ini juga akan memberikan gambaran singkat tentang sejarah dan perjuangan Kerajaan Aceh sebelum dan selama perang melawan Belanda.

Sejarah Singkat Kerajaan Aceh

Asal-usul Kerajaan Aceh berkaitan dengan kerajaan-kerajaan yang ada di daerah itu sebelumnya, di antaranya Kerajaan Lamuri atau Indrapura.

Ketika Sultan Alaiddin Husain Syah (1465-1480 M) memerintah, Lamuri yang sudah berganti nama menjadi Kerajaan Darussalam bersatu dengan beberapa kerajaan kecil dan Pidie.

Kehadiran kekuatan Barat di Malaka menjadi salah satu faktor yang mendorong kerajaan-kerajaan kecil untuk bersatu.

Ali Mughayat Syah, yang merupakan putra mahkota sekaligus panglima perang Kerajaan Aceh saat itu, juga memiliki visi untuk bersatu dan menjadi kerajaan yang besar dan kuat.

Melihat pengaruh Portugis yang semakin besar di sekitar Selat Malaka, Ali Mughayat Syah mengajukan permohonan kepada ayahnya agar dapat mengambil alih kepemimpinan kerajaan.

Baca Juga: Kerajaan Aceh Mencapai Puncak Keemasan Pada Masa Pemerintahan Sultan Iskandar Muda, Ini Buktinya