Find Us On Social Media :

Benarkah Kemampuan Navigasi Pria Lebih Unggul dari Wanita?

By Ilham Pradipta M., Jumat, 11 Desember 2015 | 13:30 WIB

Benarkah Kemampuan Navigasi Pria Lebih Unggul dari Wanita?

Intisari-Online.com - Gagasan bahwa pria memiliki indra yang lebih baik dibandingkan wanita untuk mencari arah tujuan atau navigasi adalah hal yang klise.

Tapi sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa pria memang memiliki kemampuan untuk menentukan navigasi yang lebih baik dibanding wanita. Selain itu laki-laki lebih cenderung mengungguli perempuan dalam tugas-tugas yang membutuhkan kesadaran spasial.

“Indra laki-laki lebih efektif, mereka dapat menentukan arah tujuan lebih cepat,” ujar Carl Pintzka kandidat Ph.D dalam Ilmu Saraf program Sains dan Teknologi di Universitas Norwegia.

Para peneliti menemukan bahwa fakta bahwa pria dapat menggunakan arah mata angin dalam sistem navigasi menunjukkan kemampuan mereka untuk menggunakan pengetahuan mengenai alam dan bumi (“World-Centered Strategy”). Sedangkan pada wanita, mereka biasanya menggunakan strategi ‘egocentric’ (Self-Centered).  Wanita bergantung pada suatu objek yang menonjol atau sesuatu yang mudah dilihat atau dikenal.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan perbedaan sejumlah aktivitas otak. Pada pria, hippocampus, suatu bagian otak yang membantu kita memahami arah mata angin, ternyata digunakan lebih banyak. Untuk wanita sendiri mereka lebih mengandalkan orbitofrontal cortex, yaitu bagian otak yang telibat dalam pengambilan keputusan.

Menurut Pintzka, perbedaan gender lebih terletak pada perilaku dan pemikiran dibandingkan dengan hormon.  Ia juga mengatakan temuan ini menunjukkan kemampuan navigasi memang berkaitan dengan jenis kelamin seseorang.

“Sederhananya, wanita lebih cepat untuk menemukan suatu barang di rumah, dan pria lebih cepat menemukan arah untuk menuju rumah,” ujarnya.

(Huffingtonpost.com)