Find Us On Social Media :

Contoh Bahasa dan Tradisi Sunda, yang Tidak Cuma Bandung Saja

By Ade S, Jumat, 28 Juli 2023 | 11:03 WIB

Warga bersiap menumbuk 20 kuintal padi dalam perayaan Seren Taun 22 Rayagung 1955 Saka Sunda di Kelurahan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jumat (22/7/2022). Beras hasil penumbukan kemudian dibagikan kepada masyarakat.

Intisari-Online.com - Suku Sunda adalah salah satu suku bangsa terbesar di Indonesia. Mereka memiliki bahasa dan tradisi yang khas dan beragam.

Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa contoh bahasa dan tradisi Sunda, yang tidak hanya ada di Bandung, tapi juga di daerah lain di Jawa Barat dan Banten.

Bahasa Sunda memiliki beberapa dialek, seperti Sunda Banten, Sunda Selatan, Sunda Utara, Sunda Tengah Timur, Sunda Timur Laut, dan Sunda Tenggara.

Masing-masing dialek memiliki ciri khas tersendiri dalam pengucapan, kosakata, dan tata bahasa.

Tradisi Sunda juga sangat beraneka ragam, mulai dari Seren Taun, Upacara Tingkepan, Pesta Laut, Sepitan atau Sunatan, Papandangan, hingga Tari Jaipong.

Semua tradisi ini menunjukkan nilai-nilai budaya yang dijunjung tinggi oleh orang Sunda.

Asal Usul Suku Sunda

Salah satu suku bangsa terbesar di Indonesia adalah Suku Sunda, yang sebagian besar tinggal di Provinsi Banten dan Jawa Barat.

Sensus penduduk tahun 2010 menunjukkan bahwa jumlah orang Sunda di Indonesia hampir mencapai 37 juta jiwa.

Dalam Suma Oriental, sebuah catatan Portugis, orang Sunda digambarkan sebagai orang yang optimis, ramah, sopan, riang, dan bersahaja.

Baca Juga: Metode Dakwah Sunan Gunung Jati, Sosok Penyebar Islam di Tanah Sunda