Find Us On Social Media :

Gampang Bikin Makhluk Astral Terpikat, Ini Daftar Weton Tulang Wangi

By Ade S, Minggu, 23 Juli 2023 | 16:35 WIB

Poster film KKN di Desa Penari yang tayang di bioskop. Berikut ini daftar weton tulang wangi yang disebut mudah memikat makhluk halus.

Intisari-Online.com - Mungkin Anda pernah mendengar istilah weton tulang wangi, terutama jika Anda berlatar belakang budaya Jawa.

Istilah ini ramai dibicarakan jelang malam satu suro, yaitu malam pergantian tahun Jawa yang dipercaya sebagai malam penuh misteri.

Berikut adalah daftar weton tulang wangi dan maknanya menurut ahli sejarah dan dosen Program Studi Ilmu Sejarah di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Tundjung Wahadi Sutirto.

Pengertian weton menurut budaya Jawa

Menurut Tundjung Wahadi Sutirto, seorang ahli sejarah dan dosen Program Studi Ilmu Sejarah di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, ada sebuah konsep yang disebut "petangan" dalam budaya Jawa.

Konsep ini adalah perhitungan waktu berdasarkan acuan budaya Jawa, salah satunya adalah "weton".

Weton adalah istilah dalam bahasa Jawa yang artinya hari lahir seseorang. Weton ditentukan dengan mengkombinasikan hari dalam seminggu dengan lima hari pasaran Jawa.

Hari dalam seminggu terdiri dari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sedangkan hari pasaran Jawa ada lima, yaitu Pahing, Wage, Kliwon, Pon dan Legi.

Dengan demikian, saat seseorang dilahirkan ke dunia ini sudah ada takdirnya dalam ruang dan waktu.

Ruang dan waktu itu kemudian dianalisis dalam sebuah perhitungan yang menggabungkan hari dan "pasaran".

Baca Juga: Arti Weton Tulang Wangi, Sang Penakluk Makhluk Astral, Weton Anda Termasuk?