Find Us On Social Media :

Disebut Usulan Presiden Jokowi, Ini Makna Baju Hitam Putih Ganjar Pranowo Sambut Pilpres 2024

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 21 Juli 2023 | 13:54 WIB

Menurut Ganjar Pranowo, baju hitam putih itu melambangkan sikap yang tidak ragu-ragu. Ide dari Presiden Jokowi untuk Pilpres 2024 nanti.

Menurut Ganjar Pranowo, baju hitam putih itu melambangkan sikap yang tidak ragu-ragu. Ide dari Presiden Jokowi untuk Pilpres 2024 nanti.

Intisari-Online.com - Berbeda dengan Presiden Jokowi yang identik dengan baju kota-kotak, Ganjar Pranowo memilih baju motif garis-garis hitam-putih.

Menurut ganjar, baju dirancang oleh Presiden Jokowi.

Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan, baju garis-garis vertikal hitam putih yang ia deklarasikan untuk para relawan menghadapi Pemilu 2024 merupakan desain dari Presiden RI Joko Widodo.

Hal ini ia ungkapkan di hadapan ratusan relawannya pada acara "Silaturahmi 1 Muharam 1445H Relawan Ganjar Pranowo" di Wisma Serbaguna Senayan, Jakarta, Rabu (19/7/2023).

Ganjar bercerita, awalnya, ia dan Jokowi sedang makan siang pada suatu kesempatan.

Dalam pertemuan itu, mereka memperbincangkan banyak hal, utamanya soal unsur relawan yang semakin penting dalam lanskap politik Indonesia, khususnya dalam pemenangan calon presiden.

"Beliau sangat mendengarkan dan sangat mengerti apa yang ada di dalam batin masing-masing," kata Ganjar tanpa merinci kapan dan di mana peristiwa itu terjadi.

"Beliau (Jokowi) orangnya sangat detail sekali dan bicara satu per satu dari kelompok relawan yang pernah ada, karakternya," lanjut bakal capres PDI-P itu.

Jokowi, lanjutnya, juga bercerita tentang pekerjaan rumah yang berat ketika dia menjadi penggantinya.

Ganjar mengatakan, Jokowi bercerita bahwa pemenangan pemilu sama pentingnya dengan peristiwa pascapemilu setelah presiden terpilih dilantik.

Dia menambahkan, sampai akhirnya, eks Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan selembar kertas kepadanya.