Find Us On Social Media :

Mengenang 76 Tahun Peristiwa NICA, Tentara Belanda yang Mendarat di Indonesia untuk Gagalkan Kemerdekaan

By Afif Khoirul M, Jumat, 21 Juli 2023 | 13:15 WIB

Kedatangan NICA ke Indonesia usai proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Intisari-online.com - Pada tanggal 21 Juli 1947, Indonesia mengalami peristiwa yang sangat penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaannya.

Pada hari itu, tentara Belanda yang tergabung dalam NICA (Netherland Indies Civil Administration) mendarat di Indonesia dengan tujuan untuk mengembalikan kekuasaan kolonial Belanda di tanah air kita.

NICA adalah badan pemerintahan sipil Hindia Belanda yang dibentuk oleh pemerintah Belanda di pengasingan di London pada 3 April 1944.

NICA bertugas sebagai penghubung antara pemerintah Belanda dengan komando tertinggi Sekutu di Pasifik Barat Daya yang dipimpin oleh Jenderal Douglas MacArthur.

NICA dan pemerintah Belanda telah menyepakati bahwa jika nanti Hindia Belanda berhasil direbut oleh pasukan Sekutu dari tangan Jepang, maka Hindia Belanda akan diserahkan kepada NICA.

Dengan demikian, NICA berharap dapat menegakkan kembali kekuasaan kolonial Belanda di Indonesia yang telah memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.

Untuk mewujudkan tujuannya, NICA diboncengi oleh pasukan Sekutu yang datang ke Indonesia untuk melucuti tentara Jepang yang telah menyerah tanpa syarat pada 15 Agustus 1945.

Pasukan Sekutu yang dipimpin oleh Letnan Jenderal Sir Philip Christison mendarat di Jakarta pada 29 September 1945 dan disambut dengan baik oleh rakyat Indonesia yang menganggap mereka sebagai pembawa perdamaian.

Namun, setelah diketahui bahwa kedatangan Sekutu diikuti oleh NICA, maka respon rakyat Indonesia berubah menjadi tidak baik.

Rakyat Indonesia menyadari bahwa NICA datang untuk menggagalkan kemerdekaan Indonesia dan menindas rakyat.

NICA juga berusaha mempersenjatai kembali tentara Kerajaan Belanda (KNIL) yang ditawan oleh Jepang dan melakukan provokasi yang memicu kerusuhan.

Baca Juga: Kapal Induk USS Langley Dikaitkan Dengan Temuan Ribuan Amunisi Di Cilacap, Tenggelam Diserang Pesawat Tempur Jepang