Find Us On Social Media :

Sosok Hendropriyono, Mantan Kepala BIN yang Dituduh Jadi Penjaga Panji Gumilang

By Afif Khoirul M, Selasa, 11 Juli 2023 | 17:15 WIB

Sosok Hendropriyono yang dituding bekingin Panji Gumilang.

Intisari-online.com - Nama Hendropriyono, yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Belakangan ini sering dikaitkan dengan Pondok Pesantren Al Zaytun dan pimpinan ponpes itu, Panji Gumilang.

Hendropriyono dituduh menjadi orang yang memberikan perlindungan atau beking untuk Panji Gumilang, yang diduga terlibat dalam kasus korupsi tanah di Bogor dan memiliki hubungan dengan organisasi terlarang Negara Islam Indonesia (NII).

Namun, Hendropriyono membantah tuduhan itu.

Ia mengaku baru mengenal Panji Gumilang pada tahun 1999, ketika Panji meminta presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie, untuk meresmikan Pondok Pesantren Al-Zaytun.

Saat itu, Hendropriyono menjabat sebagai Menteri Transmigrasi dan Pemukiman Perambah Hutan.

Ia mengatakan bahwa saat itu Menteri Agama telah menyelidiki ponpes tersebut dan tidak menemukan masalah dari sisi ideologi politik maupun kurikulum.

Lalu, pada tahun 2001 atau 2002, Hendropriyono diminta oleh Megawati untuk menggantikannya dalam peletakan batu pertama gedung pembelajaran di Al Zaytun.

Saat itu, Hendropriyono sudah menjadi Kepala BIN. Ia mengatakan bahwa saat itu ia baru pertama kali berkenalan dengan Panji Gumilang .

Hendropriyono mengaku tidak pernah mengetahui perkembangan Al Zaytun setelah itu.

Ia juga menegaskan bahwa ia tidak memiliki kekuatan apa-apa untuk membekingi Panji Gumilang.

Baca Juga: Dari Roti Rumahan, Permen Songong, Sampai Makanan Tentara, Ini Bocoran Arti Teka-teki MPLS untuk Sosok Siswa Baru