Find Us On Social Media :

Mengapa Partisipasi Politik Itu Penting dalam Suatu Negara yang Menganut Sistem Demokrasi, Khususnya saat Pemilu?

By Ade S, Senin, 10 Juli 2023 | 11:03 WIB

Ilustrasi pemilu. Berikut penjelasan tentang mengapa partisipasi politik itu penting dalam suatu negara yang menganut sistem demokrasi.

Intisari-Online.com - Demokrasi adalah sistem politik yang mengakui hak-hak dasar dan kewajiban warga negara dalam menentukan pemerintahan dan kebijakan publik.

Dalam demokrasi, partisipasi politik menjadi salah satu indikator penting untuk mengukur kualitas demokrasi itu sendiri.

Mengapa partisipasi politik itu penting dalam suatu negara yang menganut sistem demokrasi?

Jawabannya adalah karena partisipasi politik merupakan wujud dari kedaulatan rakyat, legitimasi pemerintah, dan kontrol sosial terhadap penguasa.

Partisipasi politik juga dapat meningkatkan kesadaran, keterampilan, dan tanggung jawab politik masyarakat dalam membangun negara.

Namun, partisipasi politik tidak hanya terbatas pada pemilihan umum saja, melainkan juga meliputi berbagai kegiatan lain yang berkaitan dengan politik.

Pengertian Partisipasi Politik

Partisipasi politik adalah segala bentuk keikutsertaan atau keterlibatan warga negara biasa (yang tidak memiliki wewenang) dalam menentukan keputusan yang dapat mempengaruhi hidupnya.

Dalam praktiknya, partisipasi politik bisa dilakukan secara individual atau kolektif, terorganisir atau spontan, mantap atau sporadik, damai atau dengan kekerasan, legal atau ilegal, serta efektif atau tidak.

Partisipasi politik umumnya lebih berfokus pada kegiatan yang dilakukan, dan bukan terfokus pada sikap politiknya.

Baca Juga: Inilah Partai Pemenang Pemilu 2004, 3 Besar Malah Gagal Menang Pilpres