Find Us On Social Media :

Inilah Beberapa Misteri Otak Manusia yang Belum Terpecahnya

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 12 Mei 2017 | 18:40 WIB

Inilah Beberapa Misteri Otak Manusia yang Belum Terpecahnya

Intisari-Online.com - Mungkin kita sering bertanya-tanya: Bagaimana otak bekerja? Bagaimana ia mengendalikan tingkah laku manusia? Bagaimana otak menyimpan memori? Dan lain sebagainya.

Banyak sekali misteri di seputar otak manusia yang belum terpecahkan hingga sekarang.

(Baca juga: Mulai dari Otak Rusak Hingga Sulit Punya Momongan, Inilah 5 Dampak Buruk Akibat Tidur Terlalu Lama)

Beragam cara dilakukan para ilmuwan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Tapi kemampuan manusia tetap ada batasnya, dan misteri-misteri itu masih belum terpecahkan.

Seberapa cepat otak manusia bekerja?

Pernahkah kita menyadari seberapa cepat seseorang bisa mengenali wajah orang lain, lagu, bahkan bau secara instan? Setiap orang akan punya jawaban yang berbeda-beda.

Namun, para peneliti bertanya-tanya, seberapa cepat otak manusia bekerja dan memproses informasi? Otak mampu menyortir berbagai informasi dengan kecepatan yang luar biasa, kemudian menghasilkan satu pemikiran, tingkah laku, atau memori.

Dari mana asalnya kepribadian?

Pernahkah terpikir dari mana asal kepribadian seseorang? Apakah benar kepribadian seseorang ditentukan oleh otak? Ataukah kepribadian dipengaruhi oleh gen, aspek psikologis, dan lingkungan? Lalu bagaimana bisa seseorang yang berada dalam kondisi yang sama lalu dapat memiliki kepribadian yang sama sekali berbeda?

Mengapa seseorang tidur dan bermimpi?

Tidur jadi kebutuhan yang sangat penting bagi manusia, tetapi mengapa? Tidak ada alasan pasti mengapa tidur bisa mengembalikan energi seseorang. Ini masih membuat peneliti kebingungan.

(Baca juga: Sering Menggunkan GPS Saat Berpergian? Hati-Hati, Ternyata Sistem Penunjuk Jalan Berpeluang Menumpulkan Otak Kita)