Find Us On Social Media :

Peranan Lembaga Keluarga, Agama, Ekonomi, Pendidikan, dan Politik dalam Pelestarian Sumber Daya Alam

By Ade S, Minggu, 2 Juli 2023 | 11:03 WIB

Ilustrasi menjaga Bumi. Berikut ini peranan lembaga keluarga, agama, ekonomi, pendidikan, dan politik dalam pelestarian sumber daya alam

Intisari-Online.com - Sumber daya alam terancam oleh berbagai faktor, seperti kerusakan lingkungan, eksploitasi berlebihan, perubahan iklim, dan konflik sosial.

Oleh karena itu, diperlukan upaya bersama untuk melestarikan sumber daya alam agar tetap lestari dan berkelanjutan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan peranan lembaga keluarga, agama, ekonomi, pendidikan, dan politik dalam pelestarian sumber daya alam.

Lembaga-lembaga tersebut memiliki peran dan fungsi yang saling berkaitan dan berpengaruh dalam menjaga keseimbangan antara pemanfaatan dan perlindungan sumber daya alam.

Peranan Lembaga Keluarga, Agama, Ekonomi, Pendidikan, dan Politik dalam Pelestarian Sumber Daya Alam

1) Lembaga keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari orang tua dan anak-anak.

Lembaga keluarga memiliki peranan dalam pelestarian sumber daya alam dengan cara mengajarkan nilai-nilai moral dan etika kepada anggota keluarganya tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Lembaga keluarga juga dapat memberikan contoh perilaku yang ramah lingkungan kepada anak-anaknya, seperti menghemat air dan listrik, memilah sampah, menanam pohon, dan lain-lain.

2) Lembaga agama adalah lembaga yang berhubungan dengan keyakinan dan ajaran agama yang dianut oleh masyarakat.

Lembaga agama memiliki peranan dalam pelestarian sumber daya alam dengan cara menyampaikan pesan-pesan agama yang berkaitan dengan kewajiban manusia sebagai khalifah di bumi untuk menjaga ciptaan Allah SWT.

Lembaga agama juga dapat mengajak umatnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial yang berorientasi pada pelestarian sumber daya alam, seperti gotong royong membersihkan sungai, mengadakan penghijauan, melakukan donasi untuk konservasi alam, dan lain-lain.

Baca Juga: Perbedaan Mata Pencaharian Masyarakat di Dataran Tinggi, Dataran Rendah, dan Daerah Pesisir