Find Us On Social Media :

2 Contoh Teks Khutbah Idul Adha Keteladanan Nabi Ibrahim dalam Peristiwa 'Pengorbanan' Nabi Ismail

By Ade S, Rabu, 28 Juni 2023 | 03:03 WIB

Ilustrasi Idul Adha. Berikut ini Khutbah Idul Adha keteladanan Nabi Ibrahim.

Intisari-Online.com - Idul Adha adalah salah satu hari raya umat Islam yang memiliki makna penting dan mendalam.

Di hari ini, kita mengenang kisah pengorbanan Nabi Ibrahim as. dan keluarganya yang patuh dan tunduk kepada perintah Allah Swt.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 2 contoh khutbah singkat untuk Idul Adha dengan tema keteladanan Nabi Ibrahim as.

Khutbah Pertama: Kurban sebagai Perwujudan Takwa

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah swt, yang telah memberi kita kesempatan untuk merayakan Idul Adha. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad saw, yang telah mencontohkan kepada kita bagaimana cara berkorban dengan ikhlas dan tulus.

Saudara-saudari sekalian yang dirahmati Allah,

Idul Adha adalah hari raya kurban, yaitu hari raya yang mengajarkan kita untuk mengorbankan harta dan jiwa kita di jalan Allah swt. Kurban adalah salah satu ibadah yang paling dicintai oleh Allah swt, sebagaimana sabda Rasulullah saw:

مَا عَمِلَ ابْنُ آدَمَ مِنْ عَمَلٍ يَوْمَ النَّحْرِ أَحَبَّ إِلَى اللهِ مِنْ إِهْرَاقِ الدَّمِ وَإِنَّهُ لَيَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهِ وَأَشْعَارِهِ وَأَظْلافِهِ وَإِنَّ الدَّمَ لَيُسُقُطُ مِنْ عِنْدِ اللهِ بِمَكانٍ قَبْلَ أَنْ يُسْقُطُ مِنْ الأرْضِ فَطِيبُوا بِها نفسًا

"Tidak ada amalan seorang anak Adam pada hari penyembelihan yang lebih dicintai oleh Allah daripada mengalirkan darah (sembelihan). Sesungguhnya pada hari kiamat nanti sembelihan itu akan datang dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya darah itu benar-benar sampai ke sisi Allah sebelum jatuh ke tanah. Maka hendaklah kalian bersenang hati dengannya." (HR. Tirmidzi)

Kurban adalah perwujudan takwa kita kepada Allah swt, yaitu ketundukan dan ketaatan kita kepada perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Kurban adalah pengorbanan kita untuk mengikuti sunnah Nabi Ibrahim as, yang rela menyembelih putra kesayangannya, Ismail as, demi memenuhi perintah Allah swt. Kurban adalah pembuktian kita bahwa kita mencintai Allah swt lebih dari segala sesuatu, termasuk harta dan keluarga kita.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat: 3 Hikmah Ibadah Qurban dalam Peristiwa Idul Adha