Find Us On Social Media :

Lewat Festival Lestari 5, Kabupaten Sigi Raih Pendanaan hingga 2,65 Juta Dollar AS

By Yussy Maulia, Minggu, 25 Juni 2023 | 22:42 WIB

Melalui Festival Lestari 5, Kabupaten Sigi mendapatkan komitmen pendanaan hingga 2,65 juta dollar Amerika Serikat (AS).

Intisari-Online.com - Kabupaten Sigi menerima komitmen pendanaan dari kalangan mitra bisnis dengan total senilai 2,65 juta dollar Amerika Serikat (AS). Komitmen itu salah satunya datang dari perusahaan yang berfokus pada pengembangan komoditas kopi, Java Kirana.

Adapun dana yang digelontorkan oleh Java Kirana mencapai setidaknya 2 juta dollar AS. Menurut Co-founder Java Kirana Noverian Aditya, pemberian dana itu dilakukan karena pihaknya melihat potensi besar untuk meningkatkan kualitas kopi Sigi.

"Peningkatan kualitas akan dimulai dari sentralisasi pascapanen hingga komersialisasi kopi," kata Aditya.

Sebagai informasi, Java Kirana merupakan usaha sosial penggerak ekosistem industri kopi yang bekerja sama dengan petani lokal untuk pembelian bahan baku dan pendampingan dalam proses budidaya kopi.

Tak hanya di Kabupaten Sigi, Java Kirana juga memiliki sourcing partner di beberapa daerah, seperti, Jawa, Bali dan Sumatera.   

Selain Java Kirana, pendanaan juga diberikan oleh Katalys senilai 500.000 dollar AS. Pendanaan ini bertujuan untuk mengembangkan agroforestri komoditas kakao di Desa Omu, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi.

Baca Juga: Sebanyak 25 UMKM Presentasikan Inovasi Produk Berbasis Alam di Festival Lestari 5

Co-founder dan Partner Katalys Peter Witkamp menjelaskan, pihaknya ingin menciptakan sistem bisnis kakao yang berkelanjutan dengan basis konservasi lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

Katalys pun berencana untuk menerapkan sistem bisnis tersebut pada proyek hilirisasi kakao yang dimulai dari Desa Omu.

Sementara itu, komitmen pendanaan untuk komoditas vanili, palmarosa, dan sereh wangi di Kabupaten Sigi diberikan oleh Conservana Spices senilai 125.000 dollar AS.

Melalui pendanaan tersebut, Conservana Spices ingin membangun pabrik pengolahan vanili menjadi minyak asiri atau ekstrak dan produk turunannya. Perusahaan ini memastikan bahwa semua produk akan dibuat dengan metode yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. 

Founder Conservana Spices I Ketut Maliawan mengaku, ia pribadi datang ke Festival Lestari 5 karena tertarik dan ingin melihat langsung komoditas vanili di Kabupaten Sigi.