Find Us On Social Media :

MUI Sebut Al Zaytun Terafiliasi Dengan NII, Bagaimana Riwayat Organ Yang Didirikan Oleh Kartosoewirjo Itu?

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 22 Juni 2023 | 13:56 WIB

MUI pusat menyebut Ponpes Al Zaytun punya keterkaitan dengan NII yang dulu didirikan oleh SM Kartosoewirjo.

MUI pusat menyebut Ponpes Al Zaytun punya keterkaitan dengan NII yang dulu didirikan oleh SM Kartosoewirjo.

Intisari-Online.com - Pernyataan mengejutkan dilontarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Melalui Wakil Sekjen Bidang Hukum dan HAM Ichsan Abdullah, MUI menyebut Pondok Pesantren Al Zaytun punya kaitan dengan gerakan Negara Islam Indonesia (NII).

Ternyata ini bukan kesimpulan baru bagi MUI.

Pada 2002 lalu, lembaga ini, melalui laporan hasil penelitian mereka, juga sudah bilang demikian.

"Hasil penelitian MUI sudah jelas bahwa itu (Al Zaytun) terindikasi atau terafiliasi dengan gerakan NII. Sudah sangat jelas," ujar Ichsan saat ditemui di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Rabu (21/6/2023).

Ichsan mengatakan, afiliasi tersebut bisa dilihat dari pola rekrutmen yang dilakukan Al Zaytun dari segi penghimpunan dan penarikan dana yang dilakukan ke anggota dan masyarakat.

"Tidak terbantahkan, artinya penelitian MUI tahun 2002 itu sangat valid, dia (Al Zaytun) adalah penyimpangan dalam paham keagamaan, kemudian dari paham kenegaraan dia terafiliasi dengan gerakan NII," tutur dia.

Ichsan juga menilai, pemerintah wajib mengambil andil terkait penyimpangan paham kenegaraan Al Zaytun.

"Maka pemerintah dan MUI sangat ideal dalam rangka membenahi kembali Al Zaytun agar tidak lagi terpapar sebagai bibit radikal yang menjadi bom waktu bagi negara nanti," ujar Ichsan.

Kontroversi yang terjadi di Ponpes Al-Zaytun seperti aliran sesat dan dugaan tindak pidana oleh pimpinan Al-Zaytun Panji Gumilang ramai belakangan ini.

Menanggapi kontroversi Al Zaytun, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku menunggu arahan Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).