Find Us On Social Media :

Inilah Manfaat Berbisnis Franchise

By Chatarina Komala, Sabtu, 13 September 2014 | 07:00 WIB

Inilah Manfaat Berbisnis Franchise

Intisari-Online.com – Saat ini gerai franchise menjamur dan berkembang sangat pesat, baik di kota besar maupun kota kecil. Di sisi lain, minat masyarakat untuk menggunakan sistem franchise sebagai sarana investasi juga tidak kalah hebat. Berikut adalah beberapa manfaat berbisnis franchise menurut buku Cara Aman Memulai Bisnis, Karangan Bije Widjajanto.

1. Terbukti menguntungkan

Setiap investor tentu berharap modal yang ditanam kembali dalam jangka waktu tertentu mendapatkan keuntungan. Adapun syarat sebuah bisnis layak di-franchise-kan adalah, bisnis itu harus menguntungkan atau sudah membukukan laba selama periode waktu tertentu.  

Membangun gerai franchise sendiri berarti membangun bisnis dengan model dan format yang sudah terbukti mampu menghasilkan keuntungan. Dengan demikian, peluang bisnis berhasil akan jauh lebih tinggi.

2. Sistem operasi bisnis efektif

Salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis adalah adanya sistem operasional. Apabila sistem operasionalnya baik, bisnis dapat berjalan dengan baik. Demikian pula sebaliknya. Sayangnya, sistem operasi bisnis merupakan sekumpulan prosedur, alur kerja, arus informasi, dan tata administrasi sebuah perusahaan yang bisa dibentuk secara instan. Perlu perjalanan yang panjang, perbaikan, perubahan, penambahan, seiring berjalannya waktu.

Dalam bisnis franchise, efektivitas sistem ini mutlak diperlukan. Apabila sistem bisnis tidak efektif, maka dapat dipastikan akan terjadi banyak masalah ketika franchisee (orang yang membeli franchise) menjalankan gerai franchisenya. Pada franchise yang sistem operasi bisnisnya sudah terbukti efektif, semua franchisee dapat mengoptimalkan organisasinya. Pasalnya, mereka sudah bisa menjalankan tugas-tugas operasional rutinnya dengan baik dan masalah-masalah operasional dapat ditekan pada tingkat minimal.

3. Brand awareness lebih tinggi

Bisnis bisa lebih mudah berjalan apabila produk atau jasa yang ditawarkan sudah dikenal oleh target pasar yang dituju. Identitas produk yang dikenal oleh pasar inilah yang disebut dengan brand. Saat produk yang memiliki brand awareness ditawarkan pada pasar, pasar sudah mengetahui fungsi dan manfaatnya. 

Dalam franchise, brand awareness produk relatif sudah lebih tinggi karena pada tempat lain, sudah berjalan gerai franchise atau prototipenya dalam waktu yang cukup. Dengan brand awareness yang tinggi, sebuah bisnis franchise dapat memangkas waktu dan biaya yang diperlukan untuk membuat produk-produknya dikenal masyarakat.

4. Jaringan bisnis lebih luas

Dewasa ini, pola perpindahan masyarakat modern yang cepat dan jauh ini membuat bisnis yang memiliki jaringan lebih luas berpeluang sukses lebih tinggi. Di tempat baru, ketika membutuhkan sesuatu dan hendak membeli sesuatu, meski belum pernah bertransaksi di gerai tersebut, orang cenderung mencari gerai bisnis yang sudah dikenalnya.  

Karena penyebaran produk-produk franchise secara umum lebih cepat, maka jaringan bisnis franchise pun pada umumnya relatif sudah luas. Bahkan, produk franchise bisa meluaskan jaringan gerainya di beberapa kota dalam jangka waktu yang singkat. Para investor yang memilih berinvestasi dengan membuka gerai franchise dengan kata lain menggabungkan diri dengan jaringan yang lebih luas. Karena jaringannya lebih luas, peluang untuk sukses pun lebih besar.

5. Dukungan manajemen

Bisnis yang memiliki brand awareness tinggi, sistem bisnis yang andal, serta jaringan yang luas tidak menjamin bisnis tersebut akan sukses. Kelancaran operasional dan penyesalan masalah-masalah bisnis yang terjadi memegang peran yang sangat penting terhadap keberhasilan sebuah bisnis. Kemampuan mengatasi berbagai masalah operasional yang terjadi menjadi penentu akhir keberhasilan bisnis.

Sistem franchise yang baik melengkapi dirinya dengan dukungan manajemen, yaitu berbagai bentuk dukungan franchisor kepada franchisee dalam menjalankan kegiatan operasional bisnis di gerai franchisenya. Tujuannya, agar para franchisee dapa tmengatasi masalah-masalahnya dan akhirnya bisa mencapai sasaran-sasaran bisnis yang ditentukan bersama.

Dukungan ini juga akan membuat franchisor memahami kendala-kendala yang dialami franchisee. Dengan demikian, kedua belah pihak sama-sama mendapatkan manfaat berbisnis franchise. Franchisor semakin menguasai operasi bisnisnya. Sementara, bagi investor atau franchisee, dukungan ini merupakan hal yang penting, terutama ketika terjadi masalah. Saat itu mereka bisa meminta bantuan atau solusi kepada franchisor-nya, sebuah hal yang tidak bisa ditemukan apabila seorang investor membangun bisnisnya sendiri.