Find Us On Social Media :

5 Tanda Bullying di Tempat Kerja

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 13 Mei 2015 | 09:00 WIB

5 Tanda Bullying di Tempat Kerja

Intisari-Online.com - Ternyata bullying tidak hanya terjadi di sekolah, namun juga di tempat kerja. Memang sulit membedakan perilaku orang di tempat kerja. Membedakan antara rekan kerja yang tulus dengan rekan kerja yang berpura-pura baik. Padahal, diam-diam membully. Suasana tempat kerja dan rekan kerja yang tidak bersahabat memang membuat kita menjadi tidak nyaman dan produktif dalam bekerja. Bahkan bila tidak kuat akan selalu merasa paranoid. Berikut adalah lima tanda Bullying di tempat kerja:

1. Perbedaan  jelas: Rekan kerja dalam satu tim kamu menerima proyek atas perlakuan istimewa seperti tunjangan perjalanan dan waktu luang. Sementara itu, kamu melihat bahwa sebagian besar permintaanmu ditolak tanpa penjelasan yang masuk akal.

2. Kemajuan yang dibuat tak dilihat: Kamu diberi kepercayaan untuk menangani sebuah proyek. Kamu sudah diberi arahan dengan tujuan tertentu, tujuan utama, dan tenggat waktu. Kamu bekerja keras dan fokus mengerjakan hingga menunjukkan kemajuan yang signifikan. Namu, tiba-tiba ada perubahan arah pada proyek. Kemajuan yang kamu buat tidak dirayakan atau diterapkan pada proyek baru, tapi bahkan tidak diperhitungkan.  

3. Anda terasing secara sosial: Ini adalah salah satu dari lima tanda bullying di tempat kerja yang paling jelas terlihat. Tiba-tiba, kamu dikeluarkan dari rapat kerja. Rekan kerja cenderung untuk membahas pekerjaan sebelum kedatanganmu dan kamu ditinggal seorang diri. Selain itu, kamu tidak ditandai pada email penting. Rekan kerja cenderung menghindari kamu dan menjaga interaksi seminimal mungkin. Anda sering merasa ditargetkan.

4. Pekerjaan  dikurangi: Dedikasi kamu untuk pekerjaan tidak diakui oleh atasan. Atasan mengungurangi jumlah pekerjaanmu dan memberikannya kepada rekan kerja yang lain.

5. Kritik buruk: Di mata atasan, kamu tampak buruk, tidak efektif, dan tidak profesional. Umpan selalu diproduksi dalam bentuk kritik buruk dan disampaikan dengan cara yang membuat kamu merasa semakin terpuruk tentang dirimu. Tidak ada upaya untuk memberikan bimbingan. Sedangkan, terhadap rekan yang lain atasanmu tidak seperti itu. (timesofindia.indiatimes.com)