Find Us On Social Media :

6 Hal yang Harus Diketahui Pencari Kerja

By Esra Dopita M Sidauruk, Jumat, 15 Mei 2015 | 06:00 WIB

6 Hal yang Harus Diketahui Pencari Kerja

Intisari-online.com - Mencari pekerjaan adalah hal penting untuk freshgraduate yang baru saja selesai kuliah dan harus menghadapi dunia sebenarnya untuk pertama kalinya. Dengan semua keterampilan dalam persaingan di pasar kerja, ada kebutuhan besar untuk mengetahui apa jenis tantangan yang ada di sekitar. Menurut sebuah artikel di PJMedia.com oleh Becky Graebner, mantan staf konsultan, ada  tujuh kesalahan generasi milinium yang harus dihindari. Berikut adalah enam hal yang harus diketahui pencari kerja:

1. Jangan terjebak pada gelar sarjana yang tidak cukup. Sayangnya, sejumlah besar generasi milenium mulai berpikir bahwa dengan gelar sarjana yang semakin tinggi mereka bisa mendapatkan kesempatan pekerjaan lebih banyak. Dengan demikian, banyak yang baru lulus menjadi sarjana bergegas ke program pascasarjana untuk "lebih berharga" daripada yang lain. Padahal gelar yang tinggi belum tentu mendapat pekerjaan sehingga dalam pasar kerja penuh pencari kerja overeducated yang akhirnya mencari posisi tingkat pemula alias lulusan sarjana.

2. Ini merupakan salah satu dari enam hal yang harus diketahui pencari kerja yang penting dilakukan. Selain gelar, seorang pencari kerja perlu pengalaman kerja tidak peduli berapa banyak pengetahuan yang dia bisa. Sebuah pencari kerja harus memiliki banyak pengalaman, baik itu magang atau pekerjaan yang sifatnya sementara.

3. Pengejaan dan tata bahasa. Sebuah resume dengan kata-kata salah eja dan surat lamaran tidak masuk akal bisa gagal mendapat pekerjaan. Pencari kerja harus tahu keahliannya dan bukan keahlian. Mengatakan yang relevan dan menggunakan kata-kata yang baik untuk menggambarkan pekerjaan sebelumnya.

4. Syukur akan dihargai. Menindaklanjuti dengan pewawancara mengirimkan email dengan pesan bersyukur akan menunjukkan perilaku yang baik dan membiarkan mereka tahu ada banyak minat dari pelamar.

5. Membuat email baru dengan alamat yang lebih profesional atau menggunakan nama asli akan menunjukkan kematangan dan keseriusan.

6. Pencari kerja harus menghindari menggunakan orang tua mereka sebagai referensi itu dapat menunjukkan kamu masih bergantung pada orang tua. (jobsnhire.com)