Find Us On Social Media :

Sedang Mencari Kerja? Jangan Posting Hal Buruk di Sosmed

By Esra Dopita M Sidauruk, Jumat, 15 Mei 2015 | 08:00 WIB

Sedang Mencari Kerja? Jangan Posting Hal Buruk di Sosmed

Intisari-online.com - Ada pepatah lama yang berbunyi, "Semua publisitas yang baik." Tapi itu jauh sebelum ada media sosial. Sosial media (sosmed) sekarang banyak digunakan oleh perusahaan untuk merekrut karyawan baru. Namun, banyak yang belum menyadari hal ini. Bagi kamu sedang mencari kerja? jangan posting hal buruk di sosmed. Pencari kerja tidak menyadari bahwa sebenarnya ada cara untuk memanfaatkan kehadiran media sosial untuk menjamin wawancara berikutnya.

Banyak yang telah memposting hal buruk, seperti kata-kata atau gambar kotor, rasis, atau komentar kasar atau liar di internet. Banyak yang telah kehilangan pekerjaan karena tidak mengindahkan peringatan ini. Berikut adalah tiga cara memanfaatkan sosial media untuk mendapatkan pekerjaan:

1. Tampilkan foto terbaik: Jika surat lamaran kamu menyoroti kemampuan kepemimpinan, tampilkan foto yang menunjukkan kamu pernah menjadi mentor atau pemimpin di media sosial. Jika perekrut kerja mengatakan, kamu seorang networker yang kuat dan komunikator, karena melihat posting foto kamu menghadiri acara industry atau menjadi mentor.

2. Posting tautan artikel yang relevan dan publikasikan: Kamu akan terlihat pintar dan berpengalaman. Pemberi kerja tidak menghabiskan banyak waktu pelatihan. Ingat mereka ingin menghemat uang, waktu, dan proses perekrutan dapat menjadi salah satu yang mahal, terutama ketika karyawan baru tidak berhasil. Buatlah diri kamu terlihat seperti bersahaja.

3.  Membuat Facebook menjadi private: Bagi kamu sedang mencari kerja? jangan posting hal buruk di sosmed. Dengan begitu, kamu memiliki lebih banyak kebebasan mengekspresikan diri dan kamu dapat menggunakan Twitter feed untuk memasarkan professional diri.

Courtney Jespersen, Direktur Rekrutmen di The Russ Reid Company, perusahaan Direct Marketing terbesar di Amerika Utara, menyarankan pencari kerja untuk berpikir dua kali tentang pengaturan privasi Facebook mereka sebelum memposting foto diri berpesta, minum atau apapun yang mungkin muncul tidak bertanggung jawab untuk perusahaan yang potensial.  (jobsnhire.com).