Find Us On Social Media :

Ini Cara Menanggapi Feedback Negatif di Tempat Kerja

By Esra Dopita M Sidauruk, Selasa, 26 Mei 2015 | 07:00 WIB

Ini Cara Menanggapi Feedback Negatif di Tempat Kerja

Intisari-Online.com - Menjadi pribadi yang disukai rekan sekantor, tentu menjadi impian semua orang. Namun, kita tahu bahwa tidak semua orang menyukai kita atau apapun yang kita lakukan. Lalu apa yang harus kita lakukan bila mendapatkan umpan balik atau feedback negatif? Berikut ini cara menanggapi feedback negatif di tempat kerja:

1. Hal pertama yang harus diingat adalah tidak ada orang yang suka dikritik. Tapi umpan balik negatif kadang-kadang penting dan tanpa itu kamu tidak dapat memahami apa yang perlu kamu lakukan untuk memperbaiki diri dan meningkatkan pekerjaanmu. Ketika feedback negatif kita terima dengan positif, maka dapat membantu mengarahkanmu untuk mendapatkan yang kamu mau.

 2. Ini cara menanggapi feedback negatif di tempat kerja yang harus diperhatikan. Siapa yang memberi kamu feedback negatif? Jika itu rekan-rekan, itu sepenuhnya terserah kamu untuk memutuskan apakah mereka sedang membantu atau tidak. Jika atasan kamu, maka perhatikanlah itu.

3. Jenis terburuk reaksi umpan balik negatif adalah emosi dan minta maaf. Ini jauh lebih baik untuk mengatakan, "Kau benar, aku akan mengerjakannya," atau, "Bisakah kamu menguraikan sehingga saya dapat memperbaiki itu?" Jangan takut untuk menentang itu, tapi dengan cara yang positif.

4. Sopan menunjukkan bahwa kamu terbuka untuk kritik yang membantu kamu meningkatkan pekerjaanmu, tetapi jika itu terlalu bersifat pribadi seperti gaya rambut, tak usah terlalu didengarkan karena di sana kamu untuk bekerja bukan untuk memenangkan kontes kepribadian.

5. Jika kamu mendapatkan umpan balik negatif lalu selanjutnya kamu berusaha untuk memperbaiki dengan mengerjakan pekerjaan sebaik mungkin. Dengan meminta umpan balik dan mencoba memperbaiki, atasan akan melihat bahwa kamu telah berhasil memecahkan masalah. (cosmopolitan.co.uk)