Find Us On Social Media :

Suara Alam Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

By Esra Dopita M Sidauruk, Selasa, 26 Mei 2015 | 13:00 WIB

Suara Alam Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

Intisari-Online.com - Sebuh penelitian baru-baru ini menyebut, bermain suara alam seperti air mengalir di kantor bisa mengangkat suasana hati pekerja dan meningkatkan produktivitas. Hal itu berarti suara alam meningkatkan produkvitas di tempat kerja.

Semakin banyak perkantoran terbuka modern yang menggunakan sistem penyamaran suara yang menaikkan suara latar belakang ruang sehingga berbicara dapat dilakukan di luar jarak tertentu.

"Jika Anda dekat dengan seseorang, Anda dapat memahami mereka. Tapi begitu Anda bergerak lebih jauh, bicara mereka dikaburkan oleh sinyal penyamaran," jelas Jonas Braasch, acoustician dan musikolog di Rensselaer Polytechnic Institute di New York.

Selain memberikan privasi, sistem penyamaran suara juga meningkatkan kemampuan kognitif. Suara alami yang digunakan dalam percobaan ini dirancang untuk meniru suara air yang mengalir di sungai gunung.

Sistem penyamaran suara yang dirancang khusus untuk setiap ruang kantor oleh konsultan dan biasanya dipasang sebagai antena pengeras suara yang tersimpan di langit-langit.

Menggunakan suara alam sebagai sinyal penyamaran bisa memberikan manfaat lebih bagi lingkungan kantor. Salah satunya, suara alam meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

Para pekerja, yang mendengarkan suara alam lebih produktif dan secara keseluruhan suasana hati lebih baik daripada pekerja yang terpapar sinyal penyamaran tradisional.

"Suara tersebut bisa juga digunakan untuk meningkatkan suasana hati pasien rumah sakit, yang terjebak di kamar mereka selama berhari-hari atau berminggu-minggu," kata Braasch. (TimesofIndia)