Find Us On Social Media :

Sebaiknya Minta Gaji Berapa saat Negoisasi?

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 15 Juli 2015 | 07:00 WIB

Sebaiknya Minta Gaji Berapa saat Negoisasi?

Intisari-Online.com- Ketika sudah pada tahap akhir mencari kerja, yaitu  saat negoisasi gaji. Para pelamar kerja seringkali dibingungkan dengan hal ini. Bingung harus meminta gaji berapa. Lantas, kita jadi berpikir sebaiknya minta gaji berapa saat negoisasi? Berikut ini penjelasannya:

Lynn Taylor, seorang ahli tempat kerja nasional dan penulis buku Tame Your Terrible Office Tyrant: How to Manage Childish Boss Behavior and Thrive in Your Job, mengatakan, kebanyakan perusahaan mengharapkan pelamar untuk datang kembali dengan tawaran balik, namun nyatanya banyak calon pekerjaan menghindari hal itu dan meninggalkan uang di atas meja. “Kamu tidak perlu menjadi salah satu dari mereka. Kamu akan dilayani dengan baik dalam karir menjadi nyaman dengan proses. Kamu mendapatkan kesempatan untuk menerima paket kompensasi akhir di perusahaan kamu,” katanya.

Jadi, sebaiknya minta gaji berapa saat negoisasi? Bagaimana kita tetap jujur pada keinginan, tanpa mengucilkan perekrut kerja atau merugikan prospek kita?

Pertama, mempersiapkan diskusi itu, lakukan penelitian sebelumnya dan mencari tahu apakah seseorang dengan pengalaman dan keterampilan umumnya membuat peran tertentu. Setelah kamu mendengar tawaran mereka dan sudah waktunya untuk bernegosiasi, kamu harus menjaga angka-angka dalam pikiran, tetapi juga mempertimbangkan sifat dasar dari penawaran pertama dan berapa besar kekuatan penawaran yang kamu miliki.

Sebagai pedoman umum, biasanya yang sesuai untuk meminta gaji adalah 10 persen hingga 20 persen dari gaji kamu saat ini. Itu tidak akan membuat kamu terlihat serakah atau mendapatkan tertawa. "Jika tawaran asli di sisi rendah dari skala, kamu memiliki lebih maksimal. Jika kamu mendapatkan tawaran 20 persen lebih dari gaji saat ini, kamu masih bisa bernegosiasi meminta tambahan,” ujar Taylor.

Intinya, lakukan perhitungan matematika dan penelitian terlebih dahulu, mengetahui apa 10 persen sampai 20 persen kenaikan gaji akan mencapai total, berapa tarif seseorang dengan kemampuan yang dimilikinya. Jika kamu sudah melakukan dan mengetahuinya, minta jumlah tersebut. (economictimes)