Find Us On Social Media :

Ini Tips Sehat untuk Ibu Hamil yang Bekerja

By Esra Dopita M Sidauruk, Minggu, 12 Juli 2015 | 18:00 WIB

Ini Tips Sehat untuk Ibu Hamil yang Bekerja

Intisari-Online.com - Bagi pekerja wanita yang sedang hamil, memang diperlukan waktu istirahat yang cukup dan terhindar dari stres. Namun, tuntutan pekerjaan mengharuskan mereka untuk tetap bekerja sebelum cuti melahirkan. Berikut ini tips sehat untuk ibu hamil yang bekerja:

1. Tetap aktif: Lakukan rutinitas latihan sederhana setiap pagi. Ini akan membuat ibu hamil segar dan memberikan cukup energik untuk bekerja. Saat masuk ke kantor, hindari duduk sepanjang hari. Bangunlah dari meja secara berkala untuk meregangkan, berjalan kaki sekitar dua menit, dan mengistirahatkan mata dan pikiran. “Hindari menunda-nunda pekerjaan. Selesaikan tugas-tugas lebih awal, sehingga dapat pulang lebih awal. Dengan begitu kamu dapat beristirahat di rumah," saran Dr Haneef Ahmed, seorang dokter umum.

2. Harus nyaman: Menurut Dr Ahmed, postur tubuh kamu paling penting. "Anda bisa mendapatkan sakit punggung buruk jika duduk tidak menggunakan kursi yang tepat. Tambahkan bantal untuk mendukung punggung bawah Anda," katanya.  Jangan berdiri terlalu lama dan meminta rekan kerja kamu untuk membantu mengangkat benda berat. "Gunakan lutut saat membungkuk. Kamu dapat merusak punggung dan janin jika membungkuk pada bagian pinggang," kata Dr Anita Patankar.

3. Mengusir Mual: Ketika hamil, seringkali merasa mual atau ingin muntah. Hal ini tentu merepotkan bagi para ibu hamil yang bekerja, karena harus bolak-balik ke toilet. Salah satu caranya adalah dengan menghindari kafein. Minum air putih dan jus buah segar yang dapat memberikan tubuh Anda cairan yang dibutuhkan. Makan makanan bergizi kecil setiap tiga sampai empat jam. "Sertakan banyak buah-buahan segar dan sayuran dalam pola makan," kata Dr Ahmed.

4. Jauhkan Stres : Stres tidak hanya memberikan dampak buruk bagi ibu hamil, melainkan juga janin yang dikandungnya. Jika merasa beban kerja atau waktu kerja yang terlalu gila, cobalah berbicara dengan atasan untuk mengurangi atau melonggarkan waktu selama masa kehamilan. Setiap kali ada hal-hal yang keluar dari kontrol, lakukan latihan pernapasan mendalam selama beberapa menit dan mendapatkan tidur malam yang baik.

5. Terlindung selama perjalanan: Jika kamu perjalanan dari kantor dan rumah yang berjarak jauh dan menggunakan transportasi massal, hindari berdiri selama di perjalanan. Selain itu, kemacetan lalu lintas juga dapat membuat ibu hamil stres. Jika kamu memiliki mobil, sekarang adalah waktu untuk menggunakannya. (idiva.com)