Find Us On Social Media :

Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Mencari Pekerjaan

By Esra Dopita M Sidauruk, Kamis, 23 Juli 2015 | 12:00 WIB

Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Mencari Pekerjaan

Intisari-Online.com - Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan atau mencari perubahan karir. Baik yang masih fresh graduate atau sudah berpengalaman, hal mencari pekerjaan memang gampang-gampang susah. Maka, penting untuk mencari informasi yang setidaknya dapat mempermudah. Nah, untuk itu perhatikan hal ini sebelum mencari pekerjaan:

1. Mencari kemampuan yang dimiliki: Selama berburu pekerjaan, betapa pentingnya menjadi percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki. Hal ini memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun, dengan percaya diri itu akan memudahkanmu mendapat pekerjaan yang kamu inginkan.

2. Pilih rumah dengan bijaksana: Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk pindah kota dan mencari pekerjaan di sana, tidak ada salahnya mencari tahu bagaimana situasi kota yang nantinya akan menjadi tempat tinggal. Bagaimana prospek kota tersebut, nasib pekerja, kesempatan kerja, biaya hidup, dan tingkat kepuasan.

3. Mendengarkan para ahli: Tidak semua dari kita cukup beruntung memiliki mentor dengan jabatan tinggi yang dapat memberikan saran bagi karir kita. Untungnya, beberapa orang sukses di dunia bermurah hati memberikan kunci kesuksesan mereka. Belajar lah dan dengarkan lah.

4. Merancang resume sempurna: Resume menjadi senjata utama dalam mencari pekerjaan. Rancanglah resume dengan sempurna. Mulai dari panjang optimal, jenis bahasa, jenis hruf, dan ukuran huruf. Jangan sampai ada yang salah, karena akibatnya bisa fatal.

5. Jangan salah kata: Kamu telah merancang resume dengan sempurna. Tapi, sebelum mengirimnya, lakukan pengecekan kembali. Apakah kamu menggunakan kata inovatif atau visioner. Karena ada beberapa ungkapan berlebihan yang lebih baik ditinggalkan.

6. Mengajukan pertanyaan tepat: Jika sudah masuk dalam tahap wawancara, ini adalah waktu untuk kamu bersinar, sehingga kamu bisa mempersiapkan pertanyaan yang tepat. Jangan hanya diam atau tidak memiliki pertanyaan ketika diminta bertanya.(domainehome.com).