Find Us On Social Media :

3 Negara yang Berbatasan Langsung dengan Indonesia dan Fakta Menariknya

By Yoyok Prima Maulana, Jumat, 26 Mei 2023 | 08:25 WIB

3 negara negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia, sal;ah satunya Papua Nugini.

Intisari-online.com - Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.000 pulau. Indonesia juga memiliki perbatasan daratan dan laut dengan beberapa negara lain.

Menurut Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2008 tentang Wilayah Negara, ada tiga negara yang berbatasan langsung dengan daratan Indonesia, yaitu Malaysia, Timor Leste, dan Papua Nugini.

Selain itu, ada juga tujuh negara yang berbatasan dengan laut Indonesia, yaitu Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Palau, Australia, dan India.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang tiga negara yang berbatasan langsung dengan daratan Indonesia dan fakta menariknya. 

1. Malaysia

Malaysia adalah negara tetangga Indonesia yang berbatasan langsung di pulau Kalimantan. Ada dua negara bagian Malaysia yang berada di pulau Kalimantan, yaitu Sarawak dan Sabah.

Sarawak berbatasan dengan provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Sedangkan Sabah berbatasan dengan provinsi Kalimantan Utara.

Perbatasan daratan Indonesia dengan Malaysia membentang sepanjang 2.019 kilometer dari Tanjung Batu di Kalimantan Barat hingga Teluk Sebatik di Kalimantan Utara1. Perbatasan ini ditetapkan berdasarkan perjanjian antara Belanda dan Inggris pada tahun 1824 dan 18913.

Fakta menarik tentang Malaysia adalah bahwa negara ini memiliki keragaman budaya, etnis, agama, dan bahasa yang tinggi.

Ada lebih dari 130 suku bangsa di Malaysia, termasuk Melayu, Cina, India, Orang Asli, Dayak, Kadazan-Dusun, Bajau, dan lain-lain. Bahasa resmi Malaysia adalah Bahasa Melayu, tetapi ada juga bahasa-bahasa lain yang digunakan seperti Bahasa Inggris, Mandarin, Tamil, Iban, Kadazan, dan lain-lain.

Agama resmi Malaysia adalah Islam, tetapi ada juga penganut agama-agama lain seperti Kristen, Buddha, Hindu, Sikh, dan lain-lain.

2. Timor Leste