Find Us On Social Media :

5 Cara Mengatur Waktu dengan Efektif Saat Bekerja

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 5 Agustus 2015 | 07:00 WIB

5 Cara Mengatur Waktu dengan Efektif Saat Bekerja

Intisari-Online.com - Ada ungkapan yang menyebut, satu hal yang tidak bisa ditawar di dunia ini adalah waktu. Rasanya ungkapan tersebut sangat tepat. Memang mengatur waktu secara efisien dan efektif bukan hal mudah. Seringkali kita menganggap enteng masalah waktu dan menyia-yiakan waktu, sehingga pekerjaan menjadi menumpak dan tak terselesaikan tepat waktu. Berikut ini adalah lima cara mengatur waktu dengan efektif saat bekerja:  

1. Katakan tidak: Ketika seseorang meminta kamu untuk menemani ke ATM atau minta diantarkan kekantin, kamu hampir selalu mengatakan ya. Jangan takut untuk mengatakan tidak sekali-sekali hanya karena kamu diminta baik. Orang cenderung naluriah menghormati mereka yang bisa mengatakan tidak.

2. Keseimbangan: Tidak masalah menonton televise atau berselancar di Internet, tetapi bukan berarti sebagian besar waktumu dihabiskan untuk hal tersebut. Kamu dapat menggunakannya dengan melakukan banyak hal yang lebih penting. Ini hanya tentang menyeimbangkan waktu kamu dengan apa yang penting.

3. Cabut: Ini merupakan salah satu dari lima cara mengatur waktu dengan efektif saat bekerja yang paling sulit dilakukan. Teknologi modern telah membuat mustahil untuk fokus betul-betul. Dengan email dan media sosial menuntut perhatian terus-menerus, bahkan sekarang ini menjadi semacam kecanduan. Solusinya sederhana, yakni menonaktifkan semua pemberitahuan kamu! Pilih untuk memeriksa hal-hal ini ketika kamu memiliki waktu untuk diganggu, seperti istirahat makan siang.

4. Prioritaskan: Mengubah pola pikir dan memberikan prioritas tertinggi pada waktu yang telah kamu tetapkan. Mengatakan tidak untuk apa pun yang akan menghentikan kamu dari mencapai hal-hal yang penting bagi kamu dan mengatur untuk melakukannya. Ini dapat mengajarkan dan menjadikan kamu disiplin dengan waktu.

5. Mengabaikan: Sekali lagi, setiap hari kamu akan menemukan hal-hal yang menuntut perhatian kamu, tetapi matikan notifikasi dari permintaan yang tidak perlu. Ada beberapa tugas kamu yang tidak akan menemukan waktu untuk membalas. Imbalannya adalah kamu dapat melakukan sesuatu yang penting. (Venusbuzz.com)