Find Us On Social Media :

Ini 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2023, Indonesia Peringkat Berapa?

By Ade S, Rabu, 24 Mei 2023 | 12:36 WIB

Berikut ini 10 negara terkaya di dunia

Intisari-Online.com - Setiap tahun, majalah Global Finance merilis daftar 10 negara terkaya di dunia berdasarkan produk domestik bruto (PDB) per kapita.

Daftar ini mengukur kekayaan relatif suatu negara dengan membagi total nilai barang dan jasa yang diproduksi oleh jumlah penduduknya.

Pada tahun 2023, daftar 10 negara terkaya di dunia menunjukkan beberapa perubahan menarik dibandingkan tahun sebelumnya.

Beberapa negara naik peringkat, sementara beberapa lainnya turun. Ada juga negara baru yang masuk ke dalam daftar ini.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Apakah Indonesia termasuk salah satu negara terkaya di dunia?

Berikut ini kami sajikan daftar lengkap 10 negara terkaya di dunia tahun 2023 beserta peringkat Indonesia di antaranya.

10. San Marino

San Marino adalah negara mikro yang terletak di Eropa Selatan. Negara ini memiliki luas wilayah hanya 61 km2 dan jumlah penduduk sekitar 34 ribu jiwa. Meski kecil, San Marino memiliki PDB per kapita sebesar AS$78.926 pada tahun 2023.

Negara ini mengandalkan sektor pariwisata, perbankan, dan industri sebagai sumber pendapatannya.

9. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara adidaya yang memiliki pengaruh besar di dunia. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 9,8 juta km2 dan jumlah penduduk sekitar 333 juta jiwa. Amerika Serikat memiliki PDB per kapita sebesar AS$80.035 pada tahun 2023.

Baca Juga: Pantas Sampai Dimusuhi Seantero Wilayah Teluk, Negara Ini Paling Jago Cari Cuan di Tengah Konflik, Raup Untung dari Perang Rusia-Ukraina, Arab Saudi pun Siap Tersingkir