Find Us On Social Media :

11 Cara Resign dengan Baik dari Tempat Kerja (1)

By Esra Dopita M Sidauruk, Kamis, 13 Agustus 2015 | 06:00 WIB

11 Cara Resign dengan Baik dari Tempat Kerja (1)

Intisari-Online.com - Jika kamu memutuskan mengundurkan diri dari pekerjaanmu sekarang dan sudah mendapatkan pekerjaan yang baru. Kamu mulai mempersiapkan kepindahanmu. Namun jangan terlalu terburu-buru meninggalkan. Kamu harus mematuhi semua aturan yang berlaku. Jangan sampai kamu main keluar seenaknya yang dapat menimbulkan kemarahan rekan kerja. Perlu diketahui bahwa ini sebuah industri kecil dan sangat besar kemungkinan bagi kamu nantinya bekerja dengan salah satu mantan rekan kamu di masa depan atau bahkan ingin kembali ke perusahaan lama. Nah, agar tidak menimbulkan kemarahan oleh rekan kerja, berikut ini 11 cara resign dengan baik di tempat kerja

1. Tahu alasan: Pertama kali yang harus kamu lakukan sebelum resign adalah mengetahui alasannya. Mengapa kamu memutuskan untuk mengundurkan diri. Ini akan membantu kamu menjelaskan alasan pengunduran dirimu ketika ditanya oleh atasan maupun perusahaan.

2. Katakan pada atasan lebih dulu: Salah satu dari 11 cara resign dengan baik di tempat kerja adalah pengunduran diri pertama kali harus kamu beri tahu kepada atasanmu. Coba menahan diri untuk tidak memberi tahukan hal ini kepada rekan kerja yang lain sampai kamu bertemu dengan atasan.

3. Memberikan pernyataan yang sesuai: Jika posisimu merupakan posisi yang sulit untuk mencari pengganti, maka beri tahu pengunduran dirimu dari jauh-jauh hari. Perusahaan memiliki banyak waktu untuk mencari penggantimu. Jika perusahaan terburu-buru untuk mengisis posisimu, sehingga membuat mereka kurang teliti mengenal calon penggantimu. Ini juga bisa berdampak kurang baik pada dirimu, namamu menjadi buruk karena cukup sering disebut dalam setiap pertemuan atau rapat.

4. Menawarkan untuk melatih pengganti kamu: Jika ada waktu, coba pertimbangkan tinggal cukup lama untuk memastikan pengganti kamu terlatih untuk melakukan pekerjaan kamu.

5. Rencana ke depan: Hal ini penting untuk mengetahui masa pemberitahuan yang berlaku. Aturan pengunduran diri terkait dengan hilangnya saham, bonus, atau manfaat lainnya. Kamu bisa kehilangan finansial dengan tidak mengelola tanggal atau dokumen dengan benar. (idiva.com)