Find Us On Social Media :

11 Cara Resign dengan Baik dari Tempat Kerja (2)

By Esra Dopita M Sidauruk, Kamis, 13 Agustus 2015 | 07:00 WIB

11 Cara Resign dengan Baik dari Tempat Kerja (2)

Intisari-Online.com - Jika kamu memutuskan mengundurkan diri dari pekerjaanmu sekarang dan sudah mendapatkan pekerjaan yang baru. Kamu mulai mempersiapkan kepindahanmu. Namun jangan terlalu terburu-buru meninggalkan. Kamu harus mematuhi semua aturan yang berlaku. Jangan sampai kamu main keluar seenaknya yang dapat menimbulkan kemarahan rekan kerja. Perlu diketahui bahwa ini sebuah industri kecil dan sangat besar kemungkinan bagi kamu nantinya bekerja dengan salah satu mantan rekan kamu di masa depan atau bahkan ingin kembali ke perusahaan lama. Nah, agar tidak menimbulkan kemarahan oleh rekan kerja, berikut ini 11 cara resign dengan baik di tempat kerja

6. Jangan negatif atau dendam: Terlepas dari berbagai alasan pengunduran diri mulai dari atasan yang tidak adil, rekan kerja yang menjengkelkan, atau kepala HR dengan protokol penilaian yang buruk. Perasaan negatif ini dapat menggelegak dalam diri kamu, namun sebaiknya tidak melampiaskan alasan tersebut selama wawancara pengunduran diri. Tetaplah tenang dan menyampaikan unek-unek secara pragmatis.

7. Bertemu dengan mentor dan sponsor di perusahaan: Setelah kamu memberitahun atasanmu mengenai pengunduran dirimu. Jika kamu memiliki mentor atau orang dalam perusahaan yang telah bertindak sebagai sponsor kamu, segera beri tahu pengunduran dirimu dan alasannya kepad mereka.

8. Bekerja lebih keras dari sebelumnya: Salah satu dari 11 cara resign dengan baik di tempat kerja yang dapat kamu lakukan adalah dengan bekerja lebih keras dari sebelumnya. Setelah kamu memberi tahu pengunduran dirimu, bukan berarti kamu malas atau kualitas kerjamu menjadi menurun. Tetap lah bekerja seperti biasanya bahkan bekerja lebih keras dari sebelumnya.

9. Jangan negosiasi ulang Beberapa orang terkadang hanya sekadar mengancam untuk mengundurkan diri hanya karena untuk kenaikan gaji. Namun ketika ditawari oleh gaji yang lebih besar atau posisi yang lebih tinggi mereka membatalkan hal tersebut. Ini adalah hal yang benar-benar licik bahwa siapa pun yang memiliki integritas akan menolak.

10. Lakukan serah terima dengan benar: Lakukan lah serah terima dengan benar terhadap pengganti kamu dan pastikan saling tumpang tindih sehingga perusahaan nyaman. Mulai dari, menyerahkan daftar klien, tugas, dokumen, pengetahuan, dan sebagainya.

11. Jangan memutus komunikasi: Ingat, kamu mungkin akan kembali lagi bekerja di perusahaan lama atau akan bekerja dengan rekan kerja lama di masa depan. Maka, jangan memutuskan komunikasi dengan mereka dan perilaku kemenangan harus benar-benar dihindari. (idiva.com)