Find Us On Social Media :

16 Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja (1)

By Esra Dopita M Sidauruk, Jumat, 14 Agustus 2015 | 06:00 WIB

16 Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja (1)

Intisari-Online.com - Menit-menit sebelum wawancara kerja dapat menjadi krusial dan cobaan yang sungguh menegangkan. Namun pilihan ada di tangan kamu. Kamu bisa mengatur semua itu, baik membiarkan tekanan darah kamu untuk menembak, mengkhawatirkan hasilnya, atau kamu tetap tenang berpikir untuk menghadapi pertanyaan yang diajukan. Berikut inia adalah 16 tips sukses menghadapi wawancara kerja

1. Tenang: Jangan mengigit kuku atau terlihat khawatir, karena itu akan memberikan kesan buruk. Ambil napas dalam-dalam dan menjaga pikiran yang jernih. Tetap lah tenang. Mendapatkan tekanan hanya akan melepaskan hormon stres yang akan menghambat kemampuan kamu untuk berpikir jernih.

2. Bernapas: Ketika stres atau gugup, maka akan membuat napas menjadi terengah-engah. Itu akan membuat kamu menjadi bahan perhatian saat wawancara. Bernapaslah pelan-pelan untuk menenangkan diri.

3. Datang lebih awal: Jangan pernah datang telat ketika wawancara kerja. Setidaknya kamu harus berada di tempat wawancara 15-20 menit sebelum waktu yang dijadwalkan. Ini juga dapat membuat kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjebak macet.

4. Ramah terhadap siapapun: Salah satu dari 16 tips sukses menghadapi wawancara kerja adalah bersikap ramah dengan siapapun. Jangan hanya tersenyum atau ramah kepada pewawancara kerja. Kamu juga perlu ramah terhadap resepsionis, orang yang duduk di sebelah kamu, atau penjaga keamanan. Kamu tidak pernah tahu mungkin saja mereka akan melaporkan kembali kepada atasan.

5. Berhenti berlatih: Jangan terlalu berlebihan mempersiapkan. Tetap percaya diri dan pergi mengikuti arus wawancara. Terlalu banyak kontrol mungkin akan membuat kamu kecewa nantinya.

6. Bahasa tubuh: Perusahaan akan memperhatikan bahasa tubuh, seperti jabat tangan, tatapan mata, atau bahu membungkuk. Isyarat non-verbal bisa membaca bagaimana cara komunikasi dan kepribadianmu. Jagalah bahasa tubuh sebaik mungkin.

7. Berhenti memeriksa handphone: Sebelum wawancara kerja, usahakan jangan memeriksa handphone atau membuka media sosial. Dikhawatirkan jika ada sesuatu yang kurang mengenakan di media sosial akan berdampak buruk pada mood kamu saat wawancara kerja. (idiva.com)