Find Us On Social Media :

Empat Cara agar Tepat Waktu untuk Segala Urusan

By Esra Dopita M Sidauruk, Kamis, 20 Agustus 2015 | 07:00 WIB

Empat Cara agar Tepat Waktu untuk Segala Urusan

Intisari-Online.com - Apakah kamu tipe orang yang selalu terlambat datang ke kantor atau ke mana pun? Jika iya, ketahui lah bahwa keterlambatan konstan kamu tidak hanya merusak hidup kamu, tapi juga kehidupan orang yang kamu cintai. Sarah Elizabeth Richards, seorang penulis meneliti akar masalah keterlambatannya dalam artikelnya “Blame It On: Yourself”. Richards berkonsultasi dengan beberapa ahli tentang praktik manajemen waktu terbaik, di antaranya, Diana DeLonzor, seorang penulis yang juga mengalami keterlambatan. Berikut ini empat cara agar tepat waktu untuk segala urusan, termasuk pekerjaan: 

1. Perhatikan ketika terlambat: Setiap kali kamu terlambat, coba lah mengambil beberapa menit untuk menganalisis apa yang salah dan apa yang bisa kamu lakukan secara berbeda di masa depan. Lanjutkan menganalisis untuk bisa meningkatkan kemampuan perilaku dan aktivitas setiap hari sampai kamu berhasil menjadi tepat waktu.

2. Manfaatkan hitungan detik: Berencana untuk tiba 15 menit lebih awal. Kebanyakan orang yang terlambat memiliki keengganan untuk menunggu, sehingga mereka mencoba waktu kedatangan mereka ke menit. Semacam ini manajemen waktu sepersekian detik jarang berhasil. Ingat, jika kamu berencana untuk berada di waktu, kamu akan terlambat. Namun, jika kamu berencana untuk datang lebih awal, kemungkinan kamu akan tiba tepat waktu.

3. Memiliki rencana harian: Lakukan setiap pagi untuk menuliskan kegiatan kamu dengan mengatur perkiraan waktu, baik saat mulai dan akhir untuk setiap kegiatan yang dilakukan. Mulailah dengan yang paling penting pertama kali di pagi hari ketika tingkat energi masih tinggi. Memiliki jadwal tertulis membantu kamu untuk melihat apa yang sebenarnya kamu lakukan dan tidak punya waktu untuk melakukan kegiatan yang lain. Gunakan alarm komputer dan timer untuk membuat kamu tetap berada dalam jalur.

4. Persiapan matang: Berikut ini salah satu empat cara agar tepat waktu untuk segala urusan yang sering tidak diperhatikan, karena dianggap sepele. Sebelum tidur, pilih pakaian yang akan dikenakan untuk esok ke tempat kerja atau bepergian dan meletakkan tas di depan pintu. Selalu menjaga barang-barang yang sering tersesat, seperti kunci, pekerjaan rumah, ponsel, kacamata dalam tempat yang sama. (elle.com)