Find Us On Social Media :

10 Pelajaran yang Didapat dari Pekerjaan Pertama (1)

By Esra Dopita M Sidauruk, Kamis, 3 September 2015 | 11:30 WIB

10 Pelajaran yang Didapat dari Pekerjaan Pertama (1)

Intisari-Online.com - Bagi pekerja pemula atau yang baru pertama kali bekerja, tentu ada rasa khawatir di benak kalian waktu pertama kali bekerja. Mulai dari beradapatasi dengan rekan kerja dan lingkungan kerja serta menjaga sikap. Butuh keberanian untuk memulai percakapan antar-rekan kerja. Sebetulnya, pengalaman pertama kali bekerja memberikan banyak pelajaran bagi para pemula. Berikut ini adalah 10 pelajaran yang didapat dari pertama kali bekerja

1. Hari pertama yang hanya terjadi sekali: Para rekan kerja tentu ingin tahu tentang kamu sebagai karyawan baru. Mereka akan bersikap ramah, menyambut, dan membangun persahabatan baru dengan kamu. Setelah hari pertama itu berlalu, kamu yang harus membuat usaha ekstra untuk membangun atau menjangkau mereka.

2. Ajukan pertanyaan: Sebagai karyawan baru dan pekerja pemula, kamu tentu tidak mengetahui segalanya. Ajukan pertanyaan setiap kali kamu tidak tahu. Tidak ada gunanya membuang-buang waktu untuk berusaha mencari solusi atau jawaban sendiri.

3. Tidak masalah membuat kesalahan: Selama kamu tidak mengulangi kembali kesalahan, tidak masalah membuat kesalahan. Jangan menghabiskan pikiran kamu untuk memikirkan satu kesalahan. Orang-orang akan memahami dan memaafkan, selama kamu tidak mengulanginya.

4. Kritik membangun: Sebagai karyawan baru, jarang untuk bisa menangani kritik. Pada awalnya mungkin merasa seperti kamu tak berguna sama sekali, karena begitu sering dikoreksi atau dikritik. Namun, sesungguhnya ini adalah bagaimana kamu akan belajar. Menerima kritik positif, lalu gunakan dengan bijak dan kamu akan unggul. Itu lah mengapa krirtik menjadi salah satu dari 10 pelajaran yang didapat dari pertama kali bekerja, yang penting diketahui bagi para pemula.

5. Jadi diri sendiri; Jangan buang energi untuk berpura-pura. Kamu mungkin merasa perlu untuk menyesuaikan diri pada pekerjaan pertama, tetapi bukan berarti hari menjadi orang lain. Kamu akan menghabiskan begitu banyak waktu untuk bekerja dan belajar menjadi orang lain. Jadi lebih baik tetap menjadi diri sendiri. (idiva.com)