Find Us On Social Media :

Sebatangkara, Mbah Rukmi Ngesot di Teras Setelah Rumahnya Dijual Anak Tiri

By Yoyok Prima Maulana, Rabu, 17 Mei 2023 | 17:05 WIB

Mbah Rukmi yang sebatang kara kini hanya bisa tinggal di teras rumah.

Intisari-online.com - Seorang wanita tua bernama Ruchmiyati atau Mbah Rukmi yang tinggal di Dusun Ringinagung, Desa Ringinpitu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur mengalami nasib tragis.

Rumahnya diambil alih oleh anak tiri yang dulu diusir oleh suaminya karena sering membuat masalah.

Perbuatan anak tiri yang bernama P itu membuat marah warga sekitar. Pasalnya, P tidak pernah peduli dengan Mbah Rukmi.

Namun setelah suami Mbah Rukmi yang merupakan ayah P meninggal dunia, P diam-diam menjual rumah Mbah Rukmi. Akibatnya Mbah Rukmi harus tinggal di teras rumah.

“Dia (P) itu sudah dikeluarkan oleh ayahnya sendiri karena bandel. Dia tidak punya hak atas rumah Mbah Rukmi,” ujar Slamet, seorang warga setempat, (15/5), seperti dilansir Kompas.com

Slamet menuturkan, sebelumnya Mbah Rukmi menikah dengan Nyoto dan tidak dikaruniai anak. Namun sebelum menikahi Mbah Rukmi, Nyoto sudah memiliki seorang anak, yaitu P.

Namun P dikeluarkan oleh Nyoto karena dianggap bandel. “Nyoto dan Mbah Rukmi malah mengangkat seorang anak perempuan. P ini malah tidak pernah pulang,” kata Slamet.

P baru pulang saat Nyoto tutup usia. Namun kedatangan P ternyata bermaksud lain, yaitu mencari sertifikat tanah milik ayahnya.

Menurut warga, P sama sekali tidak ikut mengurus jenazah ayahnya. “Itu yang aneh, dia pulang yang dicari malah sertifikat tanah. Dia tidak mengurus ayahnya yang meninggal,” ucap Slamet.

Menurut warga, semasa hidup, Nyoto tidak pernah bekerja. Penghasilan keluarga ditopang Mbah Rukmi yang berdagang di pasar.

Nyoto sendiri bertugas mengantar jemput Mbah Rukmi. Sebelum Nyoto meninggal dunia, tanahnya sudah diwariskan atas nama Mbah Rukmi.

Bahkan, saat itu terbit akta notaris atas nama Mbah Rukmi dari proses peralihan hak sekitar tahun 2017. Hingga tahun 2019, terjadi proses peralihan hak yang tidak diketahui Mbah Rukmi.