Find Us On Social Media :

6 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Mengubah Karier (1)

By Esra Dopita M Sidauruk, Senin, 28 September 2015 | 10:00 WIB

6 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Mengubah Karier (1)

Intisari-Online.com - Apakah saat ini kamu merasa sedang terjebak dalam pekerjaan yang kamu anggap salah? Rasanya memang sulit untuk mengakui hal tersebut. Terlebih memutuskan untuk keluar. Kebutuhan finansial menjadi kendala terbesar ketika mencoba keluar dari pekerjaan. Memang tidak mudah untuk menganalisis apakah kamu terjebak di pekerjaan yang salah atau memang ada yang salah dengan dirimu. Dibutuhkan kebijaksanaan sebelum memutuskan perubahan karier. Berikut ini adalah enam hal yang harus diketahui sebelum mengubah karier:

1. Evaluasi prioritas diri: Saat ini, ada banyak cara untuk mengetahui apa yang akan menjadi pekerjaan ideal bagi kamu. Ada jasa konsultan yang akan membantu kamu melakukannya. Mencari tahu apa yang mendorong kemampuan kamu. Tetapi, jika ada sesuatu yang hilang di tempat kerja, kamu perlu mengevaluasi prioritas diri. Jika kamu selalu mengeluh tentang pekerjaan, bisa jadi ada dua alasan, yakni kamu berada di pekerjaan yang salah atau ada yang salah dengan dirimu.

2. Melakukan penelitian sebelumnya: Jika kamu baru memulai karier, lebih mudah untuk membuat perubaha karier. Seiring berjalannya waktu, tanggung jawab akan semakin besar. Kamu tidak bisa membuang satu pekerjaan dan memilih yang lain dengan mudah. Mengganti pekerjaan tidak dilakukan dalam semalam.Perubahan pekerjaan dapat meninggalkan masalah psikologis, terutama ketika tidak memiliki kemampuan di pekerjaan yang diinginkan. Maka, sebelumnya harus melakukan penelitian dan belajar tentang pekerjaan yang baru. Hal ini penting sebelum kamu menyelami  profesi tersebut. 

3. Menghindari harapan berlebih: Berikut ini adalah salah satu dari enam hal yang harus diketahui sebelum mengubah karier. Jaminan finansial adalah kendala terbesar ketika mencoba keluar dari pekerjaan. Tantangan terbesar ketika kamu masuk ke karier yang baru adalah memiliki harapan yang tidak realistis tentang bagaimana karier tersebut dapat memuaskan. Perlu diketahui bahwa setiap pekerjaan memiliki plus dan minus. Tidak melulu semuanya menjanjikan harapan yang sesuai dengan keinginan kamu. Cobalah berpikir secara realistis. (TimesofIndia)