Find Us On Social Media :

Patok Batas Indonesia-Malaysia dari Masa Penjajahan Hingga Kemerdekaan

By Ade S, Selasa, 16 Mei 2023 | 12:03 WIB

Peta wilayah Indonesia dan Malaysia. penjelasan tentang kesepakatan patok batas wilayah Indonesia dan Malaysia dari masa penjajahan hingga kemerdekaan.

Intisari-Online.com - Indonesia dan Malaysia adalah dua negara tetangga yang memiliki hubungan sejarah yang panjang.

Kedua negara ini pernah berada di bawah kekuasaan kolonial Belanda dan Inggris yang membagi-bagi wilayah Nusantara sesuai dengan kepentingan mereka.

Dalam artikel ini, kita akan jelaskan kesepakatan patok batas wilayah Indonesia dan Malaysia dari masa penjajahan hingga kemerdekaan.

Patok batas wilayah Indonesia dan Malaysia sendiri sudah terbentuk berdasarkan beberapa perjanjian yang ditandatangani oleh Belanda dan Inggris pada abad ke-19 dan ke-20.

Perjanjian-perjanjian ini kemudian diwarisi oleh Indonesia dan Malaysia setelah kemerdekaan.

Namun, tidak semua perbatasan antara kedua negara ini telah diselesaikan secara final. Masih ada beberapa masalah yang belum terselesaikan hingga saat ini.

Perjanjian London 1824

Perjanjian London 1824 adalah perjanjian yang menetapkan lingkup pengaruh kepulauan Melayu antara dua kekuatan kolonial pada masa itu – Britania Raya dan Belanda. Perjanjian ini ditandatangani di London pada tanggal 17 Maret 1824.

Perjanjian ini mengizinkan Britania Raya untuk mendirikan koloni di sebelah utara Selat Malaka dan Selat Singapura, sedangkan Belanda berhak mendirikan koloni di sebelah selatan.

Pemisahan lingkup pengaruh ini menjadi dasar penetapan perbatasan antara Malaya Britania dengan Hindia Belanda di kemudian hari.

Baca Juga: Kesepakatan Patok Batas Wilayah Indonesia-Malaysia dari Masa Penjajahan hingga Kemerdekaan