Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Mengenali Kearifan Masyarakat yang Ada di Dunia?

By Afif Khoirul M, Senin, 15 Mei 2023 | 13:30 WIB

Ilustrasi - Cara mengenali kearifan masyarakat yang ada di dunia.

Intisari-online.com - Dalam soal PKN kelas XI halaman 123, memuat soal berjudul "Bagaimana cara mengenali kearifan masyarakat yang ada di dunia?"

Nah, kali ini Intisari Online, akan membantu menjawab pertanyaan tersebut.

Jawaban:

Untuk mengenali kearifan masyarakat yang ada di dunia, kita bisa melakukan beberapa cara berikut:

1. Mempelajari budaya suatu masyarakat, seperti nilai, norma, etika, kepercayaan, adat istiadat, hukum adat, dan aturan-aturan khusus yang menjadi ciri khas dan pandangan hidup mereka.

2. Mengamati praktik kearifan lokal yang dilakukan oleh masyarakat dalam berinteraksi dengan lingkungan alam dan sosialnya, seperti hukum sasi di Maluku yang melarang memasuki atau mengambil sumber daya alam tertentu dalam waktu tertentu.

3. Menghargai keragaman kearifan masyarakat yang ada di dunia dengan tidak menilai rendah atau mengganggu keberadaan dan kelangsungan mereka.

4. Menjalin kerjasama dengan masyarakat yang memiliki kearifan lokal dalam upaya pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Soal: Bagaimana cara mempromosikan budaya bangsa Indonesia dalam dunia yang terhubung?

Jawaban:

Untuk mempromosikan budaya bangsa Indonesia dalam dunia yang terhubung, kita bisa melakukan beberapa cara berikut:

1. Memanfaatkan media sosial dan internet untuk menampilkan dan menyebarkan informasi tentang budaya bangsa Indonesia kepada khalayak luas, baik dalam maupun luar negeri.