Find Us On Social Media :

Pentingnya Ikatan Emosional Terhadap Kesehatan para Pekerja

By Esra Dopita M Sidauruk, Kamis, 29 Oktober 2015 | 12:00 WIB

Pentingnya Ikatan Emosional Terhadap Kesehatan para Pekerja

Intisari-Online.com - Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Occupational and Environmental Medicin, mengungkapkan, pekerja yang merasa dirinya secara emosional melekat dan mengidentifikasi pada pekerjaan mereka memiliki psikologis yang lebih baik. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya ikatan emosional terhadap kesehatan para pekerja

Studi tersebut juga menjelaskan bahwa upaya untuk meningkatkan affective organisational commitment (AOC) atau komitmen afektif organisasi, keterikatan emosional karyawan, mengidentifikasi diri, dan keterlibatan dalam organisasi dapat memberi kebahagiaan lebih, pekerja menjadi sehat, dan mungkin berkontribusi untuk mengurangi pergantian karyawan.

Thomas Clausen bersama rekan peneliti lainnya di Pusat Penelitian Nasional untuk Lingkungan Kerja di Kopenhagen, Denmark, melakukan penelitian kepada sekitar 5000 pekerja eldercare Denmark yang disusun dalam 300 kelompok. Dalam penelitian tersebut, melihat bagaimana AOC mempengaruhi kesehatan psikologis dan hasil akhir yang berhubungan dengan kesehatan lainnya.

Hasil penelitian menunjukkan, secara signifikan kesejahteraan akan lebih tinggi terhadap kelompok karyawan yang memiliki AOC yang tinggi. Selain itu, kelompok dengan AOC tinggi juga memiliki tingkat penyakit yang lebih rendah dan gangguan tidur lebih sedikit.

Temuan ini menunjukkan bahwa strategi yang bertujuan untuk meningkatkan ikatan emosional karyawan untuk bekerja dapat membantu mengatasi tingginya tingkat kejenuhan, pergantian karyawan, dan perawatan kesehatan serta layanan eldercare. (TimesofIndia)