Find Us On Social Media :

Jangan Lakukan 10 Hal Ini Jika Ingin Punya Teman di Kantor (1)

By Esra Dopita M Sidauruk, Jumat, 30 Oktober 2015 | 07:00 WIB

Jangan Lakukan 10 Hal Ini Jika Ingin Punya Teman di Kantor (1)

Intisari-Online.com - Mempunyai banyak teman di tempat kerja dapat membantu kamu menikmati pekerjaan dan selalu merasa bahagia setiap kali berangkat kerja. Memiliki banyak teman atau menjadi orang yang menyenangkan di tempat kerja memang bukan hal mudah. Nah, berikut ini 10 hal yang tidak boleh dilakukan jika ingin punya teman di kantor

1. Menolak membantu orang lain: Jangan pernah mengatakan "itu bukan pekerjaan saya" sebab hal ini tidak hanya menyakiti orang yang meminta bantuan, namun juga menyakiti dirimu karena kamu menjadi orang yang tidak disukai dan tidak memiliki teman di tempat kerja. Tidak ada salahnya membantu rekan kerja. Sebuah bantuan kecil bisa membawa pada suatu kebaikan sehingga dapat menciptakan persahabatan.

2. Menolak dengan cepat ide seseorang: Berhati-hati dengan cara kamu memberitahu seseorang atau rekan kerja yang kamu tidak sependapat atau tidak menyukai idenya. Jangan dengan cepat langsung menolak ide tersebut. Berikan pertimbangan pertama sebelum secara otomatis menolak itu. Dengan begitu rekan kerja akan merasa bahwa kamu menghormati ide mereka. Terpenting, jangan pernah menganggap remeh betapa pentingnya memperlakukan orang lain dengan hormat.

3. Berisik di meja kerja: Jangan membuat kebisingan di meja kerja seperti menelepon dengan suara keras, berbicara dengan volume besar, atau mendengarkan musik dengan menggunakan speaker. Hal ini dapat mengganggu konsentrasi rekan kerja sehingga membuat rekan kerja enggan berteman dengan kamu. 

4. Menolak berpartisipasi: Salah satu dari 10 hal yang tidak boleh dilakukan jika ingin punya teman di kantor adalah menolak berpartisipasi. Jika kantor kamu memiliki salah satu budaya merayakan ulang tahun rekan kerja dengan meminta sumbangan secara kolektif untuk membeli kue, jangan menolak berpartisipasi. Berpartisipasi adalah langkah pertama dalam menghubungkan kamu dengan orang-orang sekitar.

5. Menghindari pembicaraan kecil: Cara terbaik untuk mendapatkan kebersamaan dengan rekan kerja adalah dengan terlibat sesekali dalam obrolan ringan. Gagal membuat pembicaraan kecil dengan rekan kerja tidak selalu membuat kamu menjadi pekerja yang "lebih baik". Banyak manajer mengatakan bahwa bergaul dengan rekan kerja di kantor sama pentingnya dengan kinerja kamu secara keseluruhan. (about.com)