Find Us On Social Media :

Ada Apa dengan Weton Selasa Kliwon? Apa Hubungannya Dengan Pesugihan?

By Yoyok Prima Maulana, Jumat, 12 Mei 2023 | 10:45 WIB

Ada apa dengan weton selasa kliwon?

Intisari-online.com - Weton adalah perhitungan hari lahir dalam kalender Jawa yang terdiri dari hari dan pasaran.

Weton dipercaya dapat menggambarkan watak, jodoh, rezeki, dan nasib seseorang. Salah satu weton yang cukup unik dan menarik adalah weton selasa kliwon.

Weton ini memiliki neptu 11, yang merupakan jumlah dari neptu hari selasa (3) dan neptu pasaran kliwon (8). Neptu adalah nilai angka yang menentukan kecocokan antara dua weton.

Angker

Orang yang lahir dengan weton Selasa Kliwon diyakini memiliki watak dan kepribadian yang ramah, baik hati, pemberani, tidak banyak omong, pendiam, cerdas, berbakat, dan beruntung. Mereka juga dianggap memiliki ilmu tenaga dalam dan dijaga oleh dua khodam sakti. 

Namun, weton Selasa Kliwon juga memiliki sisi mistis yang menyeramkan. Mitos yang beredar menyebutkan bahwa orang yang meninggal dengan weton Selasa Kliwon mayatnya dijadikan pesugihan biar kaya raya tanpa kerja.

Pesugihan ini dilakukan dengan cara mengubur mayat tersebut di tempat tertentu dengan ritual khusus. Konon, mayat tersebut akan mengeluarkan uang setiap hari1.

Selain itu, weton Selasa Kliwon juga dikaitkan dengan mitos lainnya, seperti angker, sial, atau kesurupan. Beberapa orang percaya bahwa pada hari Selasa Kliwon harus berhati-hati dalam berpergian atau beraktivitas karena rawan terjadi hal-hal buruk.

Ada juga yang menganggap bahwa pada hari Selasa Kliwon harus melakukan sesaji atau doa agar terhindar dari bencana atau gangguan makhluk halus.

Watak Weton Selasa Kliwon

Weton selasa kliwon memiliki watak yang disebut Anggoro Kasih atau Aras Tuding.

Artinya, mereka adalah orang-orang yang memiliki keberuntungan dalam berbagai hal dan mudah mendapatkan kesempatan baik.