Find Us On Social Media :

11 Hal yang Tidak Boleh Dikatakan saat Wawancara Kerja (1)

By Esra Dopita M Sidauruk, Senin, 14 Desember 2015 | 11:30 WIB

11 Hal yang Tidak Boleh Dikatakan saat Wawancara Kerja (1)

Intisari-Online.com - Mungkin wawancara kerja merupakan wawancara yang paling ditakuti dari kehidupan kita. Selain resume, ada beberapa aspek yang dapat meningkatkan atau menghancurkan karier kamu. Namun, yang paling penting adalah memastikan kamu tahu apa yang harus dikatakan saat wawancara. Maka, kamu harus mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan dan berlatih menjawab. Berikut ini adalah 11 hal yang tidak boleh dikatakan saat wawancara kerja

1. Maaf, saya terlambat: Jangan biarkan kata-kata ini terucap dari mulut kamu. Sebab, aturan praktis dari wawancara kerja adalah calon karyawan tidak terlambat datang. Maka, usaha untuk tepat waktu.

2. Itu ada di resume saya: Ketika pewancara menanyakan sesuatu tentang kamu atau pengalaman kerja kamu. Jangan pernah kamu mengatakan, Anda dapat melihat itu di resume saya. Hal ini dilakukan oleh pewawancara karena mereka ingin mendengar lebih banyak dari mulut kamu mengenai hal yang sama pada resume.

3. Saya dapat melakukan pekerjaan apa pun: Hal ini dapat membuat kamu terlihat putus asa. Kamu mungkin mendapatkan pekerjaan tetapi mereka mungkin tidak memberikan gaji yang kompetitif. 

4. Kelemahan saya adalah: Jangan biarkan pewawancara tahu tentang kelemahan kamu pada hari pertama. Sebab, dia mungkin akan menilai hal tersebut pada hari yang sama dan menutup kemungkinan kamu mendapatkan kesempatan wawancara berikutnya. Itulah mengapa memberitahu kelemahan kamu merupakan salah satu 11 hal yang tidak boleh dikatakan saat wawancara kerja.

5. Saya ingin memulai usaha saya sendiri: Pernyataan ini sesungguhnya sedang membunuh tujuan wawancara kamu. Sebab, perusahaan tidak ingin mempekerjakan seseorang yang akhirnya meninggalkan mereka untuk mengejar mimpinya.

6. Saya benar-benar gugup: Mengaku gugup memang baik tapi tidak terlalu memperlihatkannya. Semua orang suka dengan mereka yang percaya diri daripada mereka yang gugup. Perlihatkan sisi percaya diri kamu dan tidak menunjukkan kegugupan. (Idiva.com)