Find Us On Social Media :

Sikap Filantropi Perusahaan Berdampak Positif pada Karyawan

By Esra Dopita M Sidauruk, Selasa, 2 Februari 2016 | 08:00 WIB

Sikap Filantropi Perusahaan Berdampak Positif pada Karyawan

Intisari-Online.com - Sebuah penelitian terbaru dari yang diterbitkan dalam Journal of Business Ethics, mengungkapkan sikap filantropi perusahaan berdampak positif pada karyawan di perusahaan bisnis, yang secara aktif berpartisipasi dalam pemberian korporasi. 

Para peneliti mengatakan, pemberian tersebut dapat meningkatkan reputasi bisnis, memperkuat upaya bisnis terhadap tanggung jawab sosial perusahaan, dan manfaat bagi karyawan. Selain itu, dengan cara perusahaan memilih menyebarkan dana tersebut, maka memiliki dampak besar pada sejauh mana pemberian mempengaruhi para karyawan.

“Secara spesifik, dampaknya lebih kuat ketika perusahaan menyumbang untuk beberapa target besar dan nyata daripada jangkauan yang lebih luas melalui badan amal yang dipilih oleh karyawan sendiri,” kata Emily Block, peneliti dari University of Notre Dame di Indiana, AS.

Untuk meneliti bagaimana filantropi perusahaan mempengaruhi orang-orang di dalam organisasi, para peneliti menganalisis data selama tiga tahun terhadap sikap kepada sekitar 14.577 karyawan di 53 perkantoran.

Dengan menggabungkan antara donasi dengan kesempatan menjadi relawan, maka organisasi semakin dapat meningkatkan dampak positif pada karyawan mereka.

Para karyawan menjadi peduli dengan dampak dan mereka merespon lebih positif untuk target sumbangan yang lebih besar, lebih strategis, dan lebih terpusat.