Find Us On Social Media :

10 Etiket Kerja yang Harus Diketahui Para Karyawan (1)

By Esra Dopita M Sidauruk, Sabtu, 20 Februari 2016 | 11:00 WIB

10 Etiket Kerja yang Harus Diketahui Para Karyawan (1)

Intisari-Online.com - Etiket di tempat kerja sering kali diabaikan oleh beberapa karyawan. Alasannya, tak lain karena masih menganggap etiket sebagai hal sepele dan kedekatan antar sesama karyawan. Padahal, melalui etiket image diri seseorang dapat terlihat. Namun, masih banyak pekerja yang belum menyadari apa saja etiket yang harus patuhi di tempat kerja. Berikut ini adalah 10 etiket kerja yang harus diketahui oleh para karyawan:

1. Katakan nama lengkap: Ketika memperkenalkan diri atau berjabat tangan, jangan lupa ucapkan nama lengkap kamu.

2. Sambut jabat tangan dengan berdiri: Jika kamu sedang duduk lalu seseorang datang untuk berkenal, sebaiknya kamu menyambutnya dengan berdiri. Sebab, hal itu dapat menunjukkan, kehadiran yang kuat dari kamu.

3. Sertakan biodata lengkap di e-mail: Tak jarang, dari beberapa pekerja lupa mencantumkan biodata lengkap mereka ketika mengirim e-mail. Misalnya, nama lengkap, jabatan, dan nama perusahaan. Padahal, hal ini penting dalam dunia kerja. Maka, jangan pernah menyertakan biodata lengkap kamu dalam e-mail.

4. Jangan memainkan rambut: Biasanya, hal ini sering dilakukan dan dianggap sepele oleh banyak pekerja wanita. Padahal, hal tersebut sangat mengganggu orang lain, terlebih jika dalam persentasi kerja atau rapat. Selain itu, juga dapat menunjukkan, sebuah ketertarikan. Jika kamu mereasa rambut kamu berantakan, maka sebaiknya mengikatnya dengan rapi.

5. Gunakan kata ‘permintaan maaf’ bukan ‘maaf’ : Dalam e-mail, jangan menulis saya minta maaf. Sebab, hal tersebut kedengarannya santai. Sebaiknya, menggunakan kata ‘permintaan maaf’ dan sebutkan juga tujuan permintaan maaf kamu.