Find Us On Social Media :

10 Etiket Kerja yang Harus Diketahui Para Karyawan (2)

By Esra Dopita M Sidauruk, Sabtu, 20 Februari 2016 | 11:30 WIB

10 Etiket Kerja yang Harus Diketahui Para Karyawan (2)

Intisari-Online.com - Etiket di tempat kerja sering kali diabaikan oleh beberapa karyawan. Alasannya, tak lain karena masih menganggap etiket sebagai hal sepele dan kedekatan antar sesama karyawan. Padahal, melalui etiket image diri seseorang dapat terlihat. Namun, masih banyak pekerja yang belum menyadari apa saja etiket yang harus patuhi di tempat kerja. Berikut ini adalah 10 etiket kerja yang harus diketahui oleh para karyawan:

6. Jangan menggunakan kata-kata senonoh: Meski sudah saling mengenal satu sama lain dengan rekan kerja, sebaiknya tidak menggunakan kata-kata senonoh dalam percakapan apapun di tempat kerja. Sebab, hal tersebut tidak menunjukkan profesionalitas kamu sebagai karyawan.

7. Berpakaian sopan: Menggunakan pakaian yang sopan dan rapi sesuai dengan iklim perusahaan atau lingkungan pekerjaan kamu.

8. Dilarang memotong percakapan: Dalam lingkungan profesional, belajar menjadi pendengar yang baik merupakan hal penting. Ketika rekan kerja sedang menyampaikan pendapatnya, jangan memotong atau mencela pendapatnya. Selain tidak etis, hal tersebut dapat menunjukkan bahwa kamu tidak bisa menghargai orang lain. Biarkan mereka menyampaikan pendapatnya dengan tuntas.

9. Baca e-mail dengan teliti: Ketika kamu menyiapkan laporan presentasi atau hendak mengirimkan e-mail ke atasan, sebaiknya membacanya dengan telit sebelum mengirminya. Sebab, hal tersebut bisa jadi alat yang digunakan atasa untuk menghintung kesalahan kamu.  

10. Jangan menceritakan hal pribadi kepada rekan kerja: Tidak masalah menjalin kedekatan dengan rekan kerja. Akan tetapi, dalam situasi tertentu kamu perlu membatasi diri dengan rekan kerja, seperti menceritakan hal-hal pribadi. Sebab, hal-hal yang bersifat pribadi tidak dapat diterima dalam standar profesional.