Find Us On Social Media :

5 Tipe Atasan yang Bikin Karyawan tidak Betah

By Esra Dopita M Sidauruk, Kamis, 31 Maret 2016 | 11:00 WIB

5 Tipe Atasan yang Bikin Karyawan tidak Betah

Intisari-Online.com - Ada berbagai alasan yang membuat karyawan tidak betah di suatu pekerjaan dan akhirnya memilih resign. Salah satunya adalah kecocokan dengan atasan. Memiliki atasan yang baik dan pengertian adalah impian setiap karyawan. Namun, tidak semua atasan memiliki sikap seperti itu. Ada beberapa atasan yang justru memiliki perilaku yang menyebalkan, sehingga membuat karyawan tidak betah. Berikut ini adalah lima tipe atasan yang bikin karyawan tidak betah:

1. Diktator

Tipe atasan seperti ini adalah semua kata-katanya maupun perintahnya harus dipatuhi oleh karyawan. Karyawan tidak boleh membatahnya. Namun, ia tidak pernah mendengar pendapat maupun keluhan dari karyawan. Selain itu, atasan seperti ini tidak mempedulikan proses. Sebab, yang ia mau adalah hasil terbaik. Tak heran, ia tidak peduli dengan kesulitan yang dihadapi karyawan.

2. Suka mengkritik

Tipe atasan ini adalah selalu mengkritik apapun yang dikerjakan oleh karyawan. Enggan memberikan pujian atas hasil maksimal yang diberikan karyawan. Selain itu, mencari-cari kesalahan dan menyudutkan, sehingga membuat karyawan takut dan tidak betah.

3. Mengintimidasi

Tipe atasan lain yang membuat karyawan tidak betah adalah mengintimidasi. Tipe atasan yang seperti ini sering mengintimidasi karyawan dengan cara memberikan banyak pekerjaan kepada karyawan bahkan hingga membuat karyawan drop.

4. Suka menunda

Tipe atasan seperti ini bisa dikatakan pemalas, karena sering menunda, baik pekerjaan maupun proyek karena keraguannya.

5. Minim kompetensi

Sudah pasti tipe atasan seperti ini memiliki kompetensi yang diragukan. Bahkan ia sama sekali tidak mengetahui mengenai jobdesk dan rencana yang akan dilakukan. Selain itu, ia sering kali mengubah rencana dan kurang memberikan arahan dengan baik kepada karyawan, sehingga membuat karyawan kesal dan tidak betah. Tipe atasan seperti ini juga tidak memiliki konsistensi.

(Jobsnhire.com)