Find Us On Social Media :

Mengapa Arsip Menjadi Sumber Sejarah Primer? Ini Penjelasan Lengkapnya

By Ade S, Selasa, 25 April 2023 | 07:11 WIB

Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia. Berikut ini penjelasan lengkap tentang alasan mengapa arsip menjadi sumber sejarah primer.

Intisari-Online.com - Sumber-sumber sejarah terbagi menjadi dua jenis, yaitu sumber primer dan sumber sekunder.

Sumber primer adalah sumber yang tercipta bersamaan dengan peristiwa sejarah, sedangkan sumber sekunder adalah sumber yang dibuat berdasarkan sumber primer.

Salah satu contoh sumber primer yang sangat penting dalam kajian sejarah adalah arsip.

Namun, apa itu arsip dan mengapa ia menjadi sumber sejarah primer?

Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap tentang arsip sebagai sumber sejarah primer dan posisinya yang istimewa dalam penelitian sejarah.

Pengertian Sumber Sejarah Primer

Data utama yang diperoleh langsung dari subyek dan objek penelitian disebut sumber sejarah primer. Sumber ini dibuat, ditulis, terekam, dan terdata di masa lalu atau saat kejadian sejarah terjadi.

Dengan demikian, sumber primer memungkinkan peneliti mendekati peristiwa yang sebenarnya terjadi selama peristiwa sejarah atau periode waktu tertentu.

Arsip, fosil, artefak, prasasti, naskah kuno, lukisan, foto, video, film, surat kabar, majalah, buku harian, memoar, biografi, otobiografi, laporan resmi, pidato, wawancara, kesaksian mata-mata hidup dan lain-lain adalah contoh sumber sejarah primer.

Sumber ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Keakuratan dan kredibilitasnya lebih tinggi karena dibuat oleh orang yang mengalami atau menyaksikan peristiwa sejarah secara langsung.

Baca Juga: Sejarah Kelas X: Jelaskan Mengapa Arsip Menjadi Sumber Sejarah Primer?