Find Us On Social Media :

Ketidakadilan di Tempat Kerja Bikin Karyawan Mudah Sakit

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 18 Mei 2016 | 07:30 WIB

Ketidakadilan di Tempat Kerja Bikin Karyawan Mudah Sakit

Intisari-Online.com - Dalam dunia kerja, tak sedikit karyawan yang sering menerima ketidakadilaan. Mulai dari, perlakuan yang berbeda, kapasitas pekerjaan, gaji, fasilitas, kelonggaran waktu, dan lain-lain. Ketidakadilan itu tak jarang, membuat beberapa karyawan memilih resign. Bahkan penelitian terbaru mengungkapkan, ketidakadilan di tempat kerja bikin karyawan mudah sakit.

Seperti dilansir dalam Journal of Work, Environment, and Health, menemukan, ketidakadilan di tempat kerja membuat karyawan berpikir negatif dan berdampak buruk terhadap kesehatan. Sebaliknya, jika karyawan menerima keadilan di tempat kerja, maka kesehatan mereka tidak akan terganggu.

“Studi ini menunjukkan bagaimana keadilan di tempat kerja memiliki keterkaitan dengan kesehatan karyawan seiring perjalanan waktu,” kata Constanze Eib, dosen di Universitas Inggris of East Anglia.

Maka itu, penting untuk perusahaan maupun pimpinan bersikap adil kepada karyawan, tanpa terkecuali. Sebab, sesungguhnya keadilan di tempat kerja tidak hanya berdampak baik bagi karyawan, namun juga perusahaan.

Selain berdampak positif pada kesehatan, Eib mengatakan, karyawan yang diperlakukan adil di tempat kerja cenderung lebih produktif dan termotivasi. Selain itu, memiliki gaya hidup aktif dan merasa positif.

Para peneliti berharap, temuan ini dapat membantu meningkatkan kesadaran di kalangan pengusaha dan pimpinan untuk bersikap adil di tempat kerja. Selain itu, juga memperhatikan kesehatan karyawan mereka demi meningkatkan kepuasan, kesejahteraan, dan produktivitas di tempat kerja.

(TimesofIndia)