Find Us On Social Media :

Tips Menggunakan Media Sosial untuk Pemasaran

By Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi, Minggu, 6 Juli 2014 | 17:00 WIB

Tips Menggunakan Media Sosial untuk Pemasaran

Intisari-Online.com - Memasuki bulan Ramadhan, harga kebutuhan pokok naik. Bisa jadi bahan baku usaha pun naik. Jadi, tekan biaya dengan menggunakan media sosial untuk pemasaran
Pemasaran merupakan ujung tombak yang sangat menentukan keberhasilan suatu bisnis. Biaya pemasaran terkadang juga tidak murah, ditambah harga baku yang cenderung naik. Oleh karena itu, media sosial dapat menjadi aternatif pemasaran bagi bisnis Anda. Berikut 5 tips menggunakan media sosial untuk pemasaran. 
(Baca juga: 6 Jurus Usaha Waralaba ala Baba Rafi
1. Bangunlah sebuah fans club
Fans club dapat membantu Anda untuk mengetahui sejauh mana respon konsumen terhadap produk Anda. Mungkin cara yang sering dilakukan adlah dengan survei, namun belum tentu konsumen tertarik untuk mengisi survei tersebut. Melalui fans club di facebook misalnya, Anda dapat mengumpulkan seluruh konsumen. Disitu mereka juga dapat mengeluarkan kritik dan saran terkait produk Anda. 
2. Bereaksi secara efektif
Sigap dan efektif menjadi faktor penting dalam menggunakan media sosial sebagai media pemasaran. Usahakanlah merespon tanggapan atau pertanyaan yang diajukan oleh konsumen. Anda juga harus aktif untuk membuat status di facebook maupun twitter. Yakinkan para fans bahwa akun media sosial bisnis Anda benar-benar aktif dan nyata. 
3. Dengarkan apa yang disampaikan konsumen
Dengan menggunakan media sosial untuk pemasaran, maka kita akan terbantu untuk mengidentifikasi keinginan konsumen. Misalnya dalam bisnis makanan, seseorang membutuhkan makanan tersebut namun tidak dapat pergi ke lokasi penjualan secara langsung. Dari sini Anda dapat memberikan layanan tambahan seperti delivery order. Sharing dengan konsumen ini akan membuat konsumen semakin puas dan bisnis Anda semakin maju. 
4. Pesan promosi
Gunakan media sosial untuk promosi dan menawarkan atau memperkenalkan produk. Tetapi ingat, jangan menulis status berisi promosi secara terus-menerus. Fans juga bisa jenuh dan meninggalkan akun Anda. Hal ini tentu tidak Anda inginkan bukan? 
5. Menjalin relasi
Media sosial tidak terbatas ruang dan waktu. Anda dapat menjangkau orang di luar kota bahkan luar negeri. Manfaatkanlah untuk menambah relasi sebanyak mungkin. Siapa tahu Anda akan bertemu dengan calon investor yang tertarik dengan bisnis Anda. Ini mungkin saja terjadi. 
(Baca juga: Meraup Untung Lewat Jual Foto di Instagram
Nah, semoga tips menggunakan media sosial untuk pemasaran di atas dapat membantu Anda untu memasarkan produk dengan lebih hemat dan efisien.