Find Us On Social Media :

Bukan Sultan Agung, Ternyata Ini Raja Jawa Pertama Yang Menerima Gelar Sultan Dari Makkah

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 12 April 2023 | 16:17 WIB

Sultan Agung ternyata bukan raja Jawa pertama yang menerima gelar sultan dari Makkah. Dia kalah dari Pangeran Ratu dari Banten.

Sultan Agung ternyata bukan raja Jawa pertama yang menerima gelar sultan dari Makkah. Dia kalah dari Pangeran Ratu dari Banten.

Intisari-Online.com - Ternyata bukan Sultan Agung, raja Mataram, raja di Jawa yang pertama kali menerima gelar sultan dari Makkah.

Lalu siapa?

Jawabannya adalah Pangeran Ratu, raja keempat Kesultanan Banten, sosok pertama yang mendapatkan gelar sultan dari Makkah.

Gelar yang diberikan kepadanya adalah Sultan Abul Mafakhir Mahmud Abdulkadir.

Dan siapa sangka, gelar ini ternyata membuat Anyakrakusuma alias Raden Mas Jatmika alias Raden Mas Rangsang dari Mataram iri.

Raden Mas Jatmika baru mendapatkan gelar sultan dari Makkah pada 1641, sementara Pangeran Ratu dari Banten mendapatkan gelar itu pada 1636.

Sebelum menggunakan gelar Sultan Agung, Raden Mas Jatmika menggunakan gelar Susuhunan Anyakrakusuma atau Prabu Pandita Anyakrakusuma.

Setelah menaklukkan Madura pada 1624, dia mengubah gelarnya menjadi Susuhunan Agung Adi Prabu Anyakrakusuma atau Sunan Agung.

Untuk menguatkan legitimasinya, dia kemudian mengirim utusan ke Makkah untuk meminta gelar sultan.

Ternyata langkah itu dia tempuh karena tidak mau kalah dari Pangeran Ratu dari Banten yang juga adalah pesain terkuatnya.

Pada 1641, utusan itu tiba di Mataram, dan membawa gelar sultan melalui perwakilan syarif Makkah, Zaid ibnu Muhsin Al Hasyimi.