Find Us On Social Media :

Dibangun di atas Gunung Inilah Benteng Madang, Tempat Pertahanan Rakyat Kalimantan Selatan dari Gempuran Belanda

By Afif Khoirul M, Rabu, 12 April 2023 | 14:35 WIB

Ilustrasi - Benteng Madang yang terletak di Kalimantan Selatan.

Intisari-online.com - Jika berbicara tentang penjajahan di Indonesia, banyak cerita tentang kehadiran para penjajah di Nusantara.

Namun, cukup sedikit diulas tentang jejak Belanda di Kalimantan.

Nah, kali ini Intisari Online akan membahas jejak-jejak penjajahan Belanda di bumi Borneo, tepatnya di Kalimantan Selatan.

Ternyata d Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang juga memiliki sejarah perjuangan melawan penjajahan Belanda.

Salah satu saksi bisu dari perlawanan rakyat Banjar adalah Benteng Madang, sebuah benteng yang dibangun di atas gunung Madang, bagian dari Pegunungan Meratus.

Benteng ini menjadi tempat pertahanan dan persembunyian para pejuang yang tidak mau tunduk pada kekuasaan Belanda.

Benteng Madang terletak di Desa Madang, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jarak dari kota Kandangan ke lokasi Benteng Madang sekitar 8 km.

Untuk mencapai puncak benteng, pengunjung harus menapaki sekitar 400 anak tangga.

Uniknya, benteng ini dikelilingi oleh dinding pertahanan dari kayu yang masih terawat hingga kini. Masyarakat sekitar menyebutnya Benteng Kayu Madang.

Benteng ini dibangun sekitar tahun 1859, ketika pecah Perang Banjar (1859-1863), sebuah pemberontakan melawan Belanda yang dipimpin oleh Pangeran Antasari.

Salah satu tokoh pejuang yang berperan penting dalam mempertahankan benteng ini adalah Demang Lehman Madang, seorang panglima perang yang berasal dari Desa Madang.

Baca Juga: Di Indonesia Dianggap Penjahat Kejam, Di Belanda Dapat Bintang Jasa, Begitulah Nasib Willem Daendels