Find Us On Social Media :

Jangan Sampai Uang Menjadi Pemicu Keretakan Silaturahmi! Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Meminjamkan Uang Saat Lebaran

By Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi, Minggu, 25 Juni 2017 | 09:00 WIB

5 Pertimbangan Sebelum Meminjamkan Uang Saat Lebaran

Intisari-Online.com - Kebutuhan akan dana segar semakin meningkat saat Lebaran. Bisa jadi Anda ada teman yang ingin meminjam uang kepada Anda.

Nah, berikut 5 pertimbangan sebelum meminjamkan uang saat Lebaran.

1. Lihat kondisi keuangan

Hitunglah dulu kebutuhan Anda sendiri. Jika lebih, baru anda bisa memberi pinjaman dari uang lebih yang Anda miliki. Oleh karena itu perhitungkan baik-baik kebutuhan Anda secara rinci dan hitung pula pemasukan Anda, seperti THR.

(Baca juga: Ingin Pindah Kerja Setelah Lebaran? Ini Dia 5 Strategi Pindah Kerja)

Jika memang Anda masih mempunyai dana cadangan yang cukup banyak, Anda bisa meminjamkannya. 2. Bicarakan dengan pasangan

Sebelum memutuskan untuk memberi pinjaman kepada orang lain, alangkah baiknya jika Anda berbicara terlebih dahulu dengan pasangan Anda. Uang keluarga adalah milik bersama. Mungkin suami Anda juga dapat memberikan masukan dan pertimbangan ketika Anda bingung untuk memutuskan.

Sikap terbuka terhadap pasangan akan membuat kondisi keuangan tidak menjadi beban individu, tetapi menjadi tanggungjawab bersam. Oleh karena itu jangan segan untuk membicarakanya kepada pasangan, termasuk berapa nominal yang dipinjamkan kepada orang lain. 3. Lihat siapa yang meminjam

Yang juga patut menjadi pertimbangan sebelum meminjamkan uang saat Lebaran adalah siapa orang yang meminjam. Mungkin Anda memiliki kedekatan emosional dengan si peminjam, misalkan saudara atau sahabat. Mungkin juga ia hanya sekedar kenalan atau tetangga.

(Baca juga: 12 Hewan Langka yang Belum Pernah Kita Dengar Sebelumnya, Nomor 9 Ditemukan di Indonesia)

Pinjamkanlah kepada mereka yang membutukan. Ikhlas atau tidaknya tergantung dari niat kita apakah mengharapkan uang tersebut kembali atau tidak. Jika ingin utang tersebut dibayar, tentu Anda harus melihat kepribadian dan kondisi ekonomi si peminjam.

Lihat pula alasan dan tanggung jawab orang tersebut dalam meminjam uang. 4. Waktu pengembalian