Find Us On Social Media :

Inilah Teladan Bung Hatta yang Patut Dicontoh Hingga Zaman Sekarang

By Ade S, Senin, 10 April 2023 | 08:02 WIB

Foto Bung Hatta. Berikut ini beberapa teladan Bung Hatta yang patut dicontoh di zaman sekarang

Intisari-Online.com - Dalam buku pelajaran “Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMA Kelas X” terdapat uraian singkat tentang sosok Mohammad Hatta.

Dalam ulasan tersebut dijelaskan bagaimana seorang Bung Hatta yang dikenal sebagai negarawan memberikan beberapa contoh keteladanan dalam hidup.

Contoh yang kemudian mengarahkan pada tugas berikut: Menurut pendapat kalian, dari sedikit kisah Bung Hatta dari artikel di atas, teladan apa yang patut kalian contoh? Mengapa hal itu patut dicontoh hingga zaman sekarang?

Lalu, apakah sebenarnya teladan dari Bung Hatta yang patut kita contoh bahkan hingga zaman sekarang?

Berikut ini ulasannya.

 

Seperti kita ketahui, Bung Hatta adalah seorang tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia, pahlawan nasional, negarawan dan ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia pertama.

Ia bersama Soekarno adalah Proklamator Kemerdekaan, memainkan peranan sentral dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda sekaligus memproklamirkannya pada 17 Agustus 1945

Sosok yang dikenal akan komitmennya pada demokrasi tersebut pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dalam Kabinet Hatta I, Hatta II, dan RIS. Pada 1956, ia mundur dari jabatan wakil presiden.

Di bidang ekonomi, pemikiran dan sumbangsihnya terhadap perkembangan koperasi membuat ia dijuluki sebagai Bapak Koperasi.

Ada banyak sekali keteladanan dari Bung Hatta seperti yang akan diulas berikut ini.

Baca Juga: Teladan Apa yang Patut Kalian Contoh dari Bung Hatta dan Mengapa?