Find Us On Social Media :

Mengapa Kisah Bung Hatta dapat Menjelaskan bahwa Beliau Sebagai Pelaku dan Saksi Sejarah? Ini Penjelasannya

By Ade S, Minggu, 9 April 2023 | 07:22 WIB

Prangko dengan foto Bung Hatta. Mengapa kisah Bung Hatta dapat menjelaskan bahwa beliau sebagai pelaku dan saksi sejarah?

Intisari-Online.com - Tentang sosok Muhammad Hatta terdapat ulasan dalam buku pelajaran “Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMA Kelas X” Tema 01 Sejarah Indonesia: Manusai Ruang dan Waktu.

Kita diajak untuk mengenal salah satu dari proklamator kemerdekaan Indonesia tersebut lewat Lembar Aktivitas 3.

Mengapa kisah Bung Hatta dapat menjelaskan bahwa beliau sebagai pelaku dan saksi sejarah adalah salah satu pertanyaan yang ada.

Jika belum menemukan jawaban untuk pertanyaan tersebut, mari kita sama-sama membahasnya.

Dilansir dari bunghatta.ac.id, Dr. (H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta adalah seorang tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia, pahlawan nasional, negarawan dan ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia pertama.

Ia bersama Soekarno adalah Proklamator Kemerdekaan, memainkan peranan sentral dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda sekaligus memproklamirkannya pada 17 Agustus 1945.

Ia juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dalam Kabinet Hatta I, Hatta II, dan RIS. Pada 1956, ia mundur dari jabatan wakil presiden.

Bung Hatta dikenal akan komitmennya pada demokrasi. Ia mengeluarkan Maklumat X yang menjadi tonggak awal demokrasi Indonesia.

Di bidang ekonomi, pemikiran dan sumbangsihnya terhadap perkembangan koperasi membuat ia dijuluki sebagai Bapak Koperasi.

Kisah hidup dan perjuangannya dapat menjelaskan bahwa ia adalah pelaku dan saksi sejarah karena beberapa alasan berikut:

Baca Juga: Mengapa Kisah Bung Hatta Dapat Menjelaskan Bahwa Beliau sebagai Pelaku dan Saksi Sejarah?